Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Desain dan Tongkrongan Honda Civic RS

Kompas.com - 17/04/2022, 17:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran All New Honda Civic RS di Tanah Air akhir tahun lalu, membuat suatu kesan tersendiri bagi pecintanya. Sebab, mobil benar-benar beda dibandingkan generasi sebelumnya.

Berbagai hal memang sekilas tampak dipertahankan di salah satu model legendaris ini. Tapi apabila melihatnya lebih jeli, tampak ada tongkrongan baru yang dihadirkan.

Untuk diketahui, Civic RS terbaru hanya ada satu varian dengan 4 pilihan warna yang dibanderol Rp 567 juta, yaitu Ignite Red Metallic, Meteoroid Gray Metallic, Crystal Black Pearl, dan Platinum White Pearl.

Baca juga: Honda Rilis Civic Hybrid, Lebih Bertenaga dari Tipe RS

Honda Civic RSKOMPAS.com/Ruly Honda Civic RS

Kali pertama melihatnya, impresi kami pada mobil ini ialah aura sporty yang sangat kental tetapi lebih dewasa. Hal ini seiring banyaknya warna serta aksen hitam di mobil dengan bentuk grill minimalis.

Kemudian, tarikan garis-garis di mobil juga tampak lebih kaku, tidak lagi meruncing dan tegas seperti model sebelumnya. Sehingga rasa buas di mobil sedikit tereduksi.

Bergeser ke samping, Civic RS kini juga terlihat lebiih dinamis berkat side skirt, pelek alloy 17 inci berwarna hitam, sampai garis tegas yang kerap menyelimutinya.

Bila dilihat lebih detail, mobil memang terlihat lebih panjang 30 mm dari model sebelumnya. Sebab, kini dimensi Civic RS yang baru ialah panjang 4.676 mm, lebar 1.802 mm dan tinggi 1.415 mm.

Baca juga: Polda Metro Jaya Gelar Street Race di BSD, Catat Jadwalnya

Honda Civic RSKOMPAS.com/Ruly Honda Civic RS

Geser ke belakang, terdapat spoiler berwarna hitam, stop lamp baru dan model knalpot ganda memperkental kesan sporti pada mobil.

Selain itu, bagasi belakang dibuat lebih fleksibel dengan tambahan fitur tuas untuk melipat jok belakang untuk menghasilkan bagasi menjadi lebih luas.

Masuk area kabin, kesan pertama yang didapatkan adalah kecanggihan yang disematkan di dalamnya. Bahkan, kami tidak mengira bahwa interior ini bukan milik Honda.

Layar instrumen kluster digital berukuran 10,2 inci langsung menyambut dengan animasi singkat. Model setir pun dibuat baru dengan berbagai pengaturan.

Baca juga: Catat, Ini 4 Jadwal One Way Selama Periode Mudik Lebaran

Honda Civic RSKOMPAS.com/Ruly Honda Civic RS

Walau begitu, rasa sporty masih terjaga cukup baik di mobil ini. Sebab, dasbor yang diberikan masih terasa 'Civic'-nya yang ringkas tapi tetap fungsional dengan pewarnaan hitam pekat.

Kisi-kisi AC pun dibuat layaknya mobil Eropa yang pengaturannya bulat dan minimalis, serta banyaknya bagian yang dibuat secara detail dan pengoperasiaannya dibuat menyenangkan.

Geser ke belakang, ruang kabin belakang cukup sempit dan punya ruang kepala yang tak terlalu lega. Namun satu nilai tambahnya adalah Civic ini menggunakan wheelbase yang lebih panjang, sehingga area kabin lebih luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com