Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Impresi Honda Civic RS di Perkotaan, Tetap Ganas tapi Lebih Sopan

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Honda Civic RS generasi terbaru memiliki pendekatan yang beda dibanding model sebelumnya, lebih modern ketimbang sporty. Sehingga, cocok untuk digunakan sebagai kendaraan harian.

Walau begitu, pengalaman berkendara yang dihadirkan salah satu model legendaris Honda tersebut tetap menyenangkan karena didukung beragam fitur, seperti paddle shift dan driving mode.

Demikian hal yang dirasa oleh redaksi Kompas.com setelah menjajal Civic RS terbaru di dalam kota selama beberapa hari.

Lebih jauh, performa atas mesin 1.5L DOHC VTEC Turbo pada mobil yang mampu mengembuskan tenaga maksimum 178 PS dan torsi 240 Nm itu sangatlah terasa, baik dalam putaran rendah maupun menengah.

Bahkan, dalam keadaan stop-and-go, tidak butuh usaha lebih agar mobil bisa bergerak sesuai keinginan. Saat menyalip, pengemudi juga cukup bejek pedal gas sebentar karena mesin langsung memberi respons.

Apabila pengemudi membutuhkan tenaga lebih, geser mode berkendara yang pengaturannya ada di konsol tengah ke sport mode. Diketahui, pada mobil ini ada tiga mode berkendara, yaitu Eco, Normal, dan Sport.

Ketiganya itu memiliki karakter yang berbeda, tetapi tarikan yang diberikan tetap ganas. Jambakan yang dihasilkan ketika kami menggunakan mode Sport sudah terasa sejak rpm berada pada angka 3.000 rpm-3.500 rpm.

Sedangkan mode Normal dan juga Eco memiliki tarikan yang halus di awal, meski ujung-ujungnya mode ini sama sama ganas untuk tarikan atas.

Namun, entah mengapa, meski menggunakan mode sport suara dari muffler atau yang dihasilkan oleh mobil tidak begitu ganas atau agresif seperti generasi sebelumnya. Jadi terasa lebih 'sopan'.

Untuk urusan keselamatan, mobil in sudah hadir dengan berbagai teknologi keselamatan yang canggih, Honda Sensing salah satunya. Honda Sensing Sendiri hadir dengan berbagai fitur, seperti Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Selain itu, ada pula Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC), dan Auto-High Beam.

Memang penggunaannya tak selalu maksimal karena begitu tergantung dengan kondisi jalanan. Paling ideal, semua fitur itu bisa dirasakan di jalur tol.

Saat menggunakan semua fitur itu, rasa berkendaranya seketika berbeda. Sangat mudah untuk mengendalikan mobil dengan pengaturan yang tak sulit alias effortless.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/19/100200915/impresi-honda-civic-rs-di-perkotaan-tetap-ganas-tapi-lebih-sopan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke