Hindari Kemacetan, Coba Mudik Gratis Motor dengan Kapal Laut

Kompas.com - 19/04/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam upaya menekan pemudik yang menggunakan sepeda motor serta pengalihan kepadatan lalu lintas, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengadakan mudik gratis menggunakan kapal laut.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt Mugen Sartoto mengatakan, kegiatan juga menjadi cara mengalihkan kepadatan serta menurunkan angka kecelakaan pengguna motor yang kerap terjadi.

"Selain itu, mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini juga sebagai bentuk pengenalan kepada pemudik yang belum pernah menggunakan transportasi laut dan dapat menjadi alternatif moda transportasi perjalanannya," ujar Mugen dalam keterangan resminya, Senin (18/4/2022).

Baca juga: Jalur Darat Diprediksi Membeludak, Hindari Mudik pada 28-29 April 2022

Bagi masyarakat yang tertarik, pendaftaran bisa dilakukan secara daring dengan mengunjungi situs http://mudikgratis.dephub.go.id/. Mudik motor gratis dengan kapal dibuka sejak 18-24 April 2022.

Pemudik antre menunggu masuk ke kapal Ro-Ro saat puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (23/6/2017). Pelabuhan Merak menargetkan 1.438.550 orang akan menyeberangi lintasan Merak-Bakauheni selama Lebaran tahun ini. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Pemudik antre menunggu masuk ke kapal Ro-Ro saat puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (23/6/2017). Pelabuhan Merak menargetkan 1.438.550 orang akan menyeberangi lintasan Merak-Bakauheni selama Lebaran tahun ini. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Sementara untuk pendaftaran offline dan verifikasi data, bisa melalui Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok serta kantor pusat Kemenhub sesuai tanggal yang ditetapkan.

Mugen mengatakan, ada 2 armada kapal yang akan digunakan untuk fasilitas mudik gratis, yakni KM Dobonsolo dan KM Ciremai yang dioperasikan PT. Pelni. Keduanya merupakan kapal 3 in 1, yang dapat mengangkut orang, barang, juga kendaraan.

"Kapasitas masing-masing kapal tersebut dapat mengangkut kurang lebih 1.250 unit motor dan 2.500 penumpang," ujarnya.

Sedangkan untuk rute meliputi, Jakarta–Semarang-Surabaya ketika arus mudik dimulai dan Surabaya-Semarang–Jakarta pada arus balik.

Jadwal keberangkatan KM Dobonsolo pada 26 April 2022 Jam 13:00 WIB dan KM Ciremai 29 April 2022 Jam 22:00 WIB, yang semuanya berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Baca juga: Boleh Mudik, Penjualan Motor Diprediksi Naik pada April 2022

Sedangkan saat arus balik dengan rute Surabaya–Semarang–Jakarta dengan KM Dobonsolo tanggal 11 Mei 2022 Jam 17:00 WIB dan KM Ciremai tanggal 9 Mei 2022 Jam 17:00 WIB.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.