Kompas.com - 19/04/2022, 07:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo memprediksi kondisi jalan yang dilalui arus mudik akan macet parah, sebab diperkirakan akan ada 23 juta mobil dan 17 juta motor yang digunakan para pemudik.

“Dari survei Kementerian Perhubungan didapatkan hasil bahwa akan ada 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor yang akan digunakan oleh para pemudik, ini adalah jumlah yang sangat besar, dan diperkirakan akan terjadi kemacetan parah,” ucap Jokowi dalam keterangan video yang diunggah Youtube Sekretariat Presiden, Senin (18/4/2022).

Oleh karena itu, Presiden Jokowi mengimbau masyarakat untuk menghindari puncak arus mudik pada 28, 29 dan 30 April 2022.

Baca juga: Cara Pasang Segitiga Pengaman yang Benar di Bahu Jalan Tol

Bagi yang memilih untuk membawa kendaraan pribadi, sebaiknya sudah memastikan kondisi mobil dalam keadaan prima untuk menempuh perjalanan jauh. Terlebih lagi sudah ada peringatan akan adanya kemacetan parah artinya harus siap menghadapi kondisi ekstrem.

Sebaiknya pemeriksaan kendaraan tak hanya mengandalkan servis berkala, namun pemilik mobil juga harus memperhatikan beberapa hal penting lainnya.

“Saat melakukan servis rutin, pengendara wajib memperhatikan beberapa hal yang biasanya sering terlewat. Contohnya seperti pengecekan penyejuk kabin (AC) dan aki,” ucap Indah Yuliana, Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang.

ilustrasi pengencekan AC dan aki mobilOtomotifnet/tunas ilustrasi pengencekan AC dan aki mobil
Kerusakan air conditioner (AC) bisa menyebabkan kenyamanan sangat terganggu, juga bisa merembet hingga membuat mobil mogok. Begitu juga dengan aki, wajib untuk dipantau.

“Baiknya memeriksa kondisi freon sekaligus mengecek bila terjadi kebocoran. Lebih bagus lagi dilakukan jauh-jauh hari. Ini juga berlaku untuk aki, biasanya sering lupa, meski sudah di cek montir harus dipastikan lagi,” kata dia.

Selain itu, wiper juga sering disepelekan, padahal fungsinya sangat membantu dalam perjalanan meski keadaan cuaca panas sekalipun.

Baca juga: Boleh Mudik, Penjualan Motor Diprediksi Naik pada April 2022

Bila kondisi karet wiper sudah tidak bagus, harus segera diganti karena selain tidak berfungsi maksimal, juga bisa membuat lapisan kaca cepat rusak.

“Air wiper juga wajib diperhatikan, kalau bisa menggunakan cairan khusus yang mengandung sabun. Pastikan juga lubang air tidak tersumbat. Ini berfungsi untuk menjaga kualitas pandang saat berkendara,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.