Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Penyebab Truk Gagal Nanjak

Kompas.com - 16/04/2022, 12:22 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu unit truk bermuatan sembako terguling akibat tak kuat menanjak di ruas jalan raya Suru-Sooko, Desa Suru, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (15/4/2022).

Kapolsek Sooko-Ponorogo Iptu HM Anwar Fatoni menjelaskan, kecelakaan tunggal itu bermula saat truk yang dikemudikan tersebut bermuatan penuh sembako tersebut terguling di tanjakan Biting. Di saat bersamaan, mesin truk juga mati.

"Akibatnya truk mundur sejauh 200 meter. Kondisi truk makin tidak terkendali sehingga terguling posisi miring ke kanan," ucap Fatoni seperti dikutip Kompas Regional.

Baca juga: Yaris Tabrak Truk dan Tercebur ke Sungai, Pengemudi Diduga Mabuk

Fatoni menjelaskan, kecelakaan tersebut terjadi akibat mesin truk mati saat berada di posisi hendak melewati tanjakan. Akhirnya, sistem pengereman tidak berfungsi sehingga truk melaju mundur sejauh 200 meter sebelum terguling.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dan korban luka dalam kecelakaan tersebut. Namun, kerugian akibat kecelakaan tersebut diperkirakan mencapai Rp 20 juta.

Deputy GM Product Division PT Hino Motor Sales Indonesia Prasetyo Adi Yudho mengatakan, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan truk gagal menanjak dan mundur.

TERGULING-- Sebuah truk bermuata sembako terguling lantaran tak kuat menanjak di ruas jalan raya Suru-Sooko, Desa Suru, Kecamatan Sooko,  Kabupaten  Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (15/4/2022).KOMPAS.COM/Dokumentasi Polres Ponorogo TERGULING-- Sebuah truk bermuata sembako terguling lantaran tak kuat menanjak di ruas jalan raya Suru-Sooko, Desa Suru, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (15/4/2022).

"Pertama adalah beban kendaraan. Jika overloading, membuat kapasitas rem tidak mampu menahan beban," ucap Prasetyo.

Kemudian mesin truk. Jika mesin truk mati saat menanjak dan truk masih menggunakan sistem rem air over hydraulic, truk tidak akan bisa mengerem saat mesin mati karena tidak ada udara yang dihasilkan.

Baca juga: Jangan Campur Air Wiper dengan Sampo, Ini Alasannya

"Faktor ketiga bisa terjadi karena minyak rem yang bocor, jadi tidak berfungsi. Selain itu, rem parkir yang tidak berfungsi atau sopir yang tidak menarik rem parkir saat kendaraan tidak sanggup menanjak juga bisa menjadi penyebabnya," ucap Prasetyo.

Prasetyo mengatakan, penyebab lainnya juga bisa karena posisi transmisi dalam keadaan netral. Sehingga, tidak ada engine brake yang bisa membantu menahan laju truk, membuatnya meluncur tak terkendali.

Namun ia mengatakan, faktor-faktor tersebut baru sebatas asumsi saja, tetap perlu ada penyelidikan saat terjadi kasus truk gagal menanjak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com