Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Buka Lagi Mudik Gratis Tahap Kedua, Pemudik Motor Bisa Ikut

Kompas.com - 17/04/2022, 07:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal membuka kembali pendaftaran mudik gratis Lebaran 2022 tahap kedua pada Senin (18/4/2022) besok.

Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub mengatakan, kuota mudik gratis tahap pertama dengan anggaran Rp 10 miliar untuk 530 unit bus sudah habis.

"Besok hari Senin saya akan buka lagi yang tahap kedua dengan jumlah anggaran yang sama," ujar Budi, disitat dari Antara (16/4/2022).

Baca juga: Suzuki Ertiga Smart Hybrid Meluncur Duluan di India

Penumpang bersiap berangkat dari Terminal Kalideres menuju kota tujuan pada hari pertama penerapan persyaratan perjalanan tanpa tes Covid-19, Rabu (9/3/2022).Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Penumpang bersiap berangkat dari Terminal Kalideres menuju kota tujuan pada hari pertama penerapan persyaratan perjalanan tanpa tes Covid-19, Rabu (9/3/2022).

Budi juga mengatakan, dengan program tersebut pihaknya bisa memindahkan sekitar 21.000 masyarakat dari Jabodetabek ke Jawa Tengah termasuk Jawa Timur dan sebagian Jawa Barat, termasuk sepeda motor yang diperkirakan mencapai 1.100 unit.

Menurut dia, sepeda motor pemudik dari wilayah Jabodetabek tersebut akan diangkut dengan menggunakan truk.

"Kalau dengan kereta api itu juga akan didukung karena Pak Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi) sudah memerintahkan Dirjen Perhubungan Darat, Dirjen Perhubungan Laut, dan Dirjen Perkeretaapian untuk menyiapkan mudik gratis bagi penumpangnya termasuk kendaraan-kendaraan sepeda motor," kata Budi.

Baca juga: Honda ZR-V, Mirip Versi Produksi SUV RS Concept

Menurutnya, persiapan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dalam rangka mudik gratis sudah mencapai 60 persen.

Hal ini bisa tercapai karena pihaknya telah berkomunikasi dengan semua operator bus antarkota antarprovinsi (AKAP), operator bus pariwisata, dan semua pemangku kepentingan.

Menurut dia, semua pihak yang diajak berkomunikasi itu sudah siap dengan skema masing-masing untuk menjalankan amanat Presiden RI Joko Widodo, sekaligus melaksanakan tujuan atau target dari angkutan Lebaran 2022.

"Yang pertama adalah keselamatan dari masyarakat kita terkait penanganan pandemi Covid-19. Jadi walaupun mungkin kita banyak yang akan berjalan, kita harapkan penggunaan masker, kemudian booster itu sudah harus kita laksanakan," ucap Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com