Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral, Mobil LCGC Ganggu Laju Mobil Pemadam Kebakaran

Kompas.com - 16/04/2022, 17:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil pemadam kebakaran mendapatkan hak prioritas di jalan raya, karena memiliki tugas yang sangat penting. Hak tersebut sudah dijelaskan dalam Undang-Undang.

Pemerintah sudah membuatkan Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) Pasal 134. Pasal tersebut menjelaskan bahwa pengguna jalan yang memperoleh hak utama didahulukan sesuai dengan urutan yang sudah ditentukan, berikut urutannya:

Baca juga: Mobil Pemadam Kebakaran Masuk Jalan Tol, Bayar atau Tidak?

1. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas.
2. Ambulans yang mengangkut orang sakit.
3. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas.
4. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia.
5. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara.
6. Iring-iringan pengantar jenazah.
7. Konvoi dan/atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Let’s Stop Stupidity! (@bodatnation)

Sayangnya, masih banyak pengendara yang tidak memahami aturan tersebut. Contohnya, seperti video yang viral di media sosial belum lama ini.

Diunggah oleh akun Instagram @bodatnation, terlihat pengendara mobil LCGC Daihatsu Sigra dengan nomor polisi KB 1563 WN tampak mengejar dan menyalip mobil pemadam kebakaran. Padahal, jika mengacu pada Pasal 134 UU LLAJ, mobil pemadam kebakaran mendapatkan hak prioritas paling utama.

Baca juga: Video Relawan Pemadam Kebakaran Berkendara Ugal Pakai Rotator

"[KB 1563 WN] PLAT PALSU. Pemadam kebakaran adalah kendaraan prioritas urutan nomor 1.. Bertugas untuk menyelamatkan suatu tempat sebelum menimbulkan kerusakan yang lebih besar, jadi tentu saja berkecepatan tinggi karena dituntut untuk sampai tepat waktu atau secepatnya..," tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Mobil LCGC mengganggu laju mobil pemadam kebakaran yang sedang bertugasDok. @bodatnation Mobil LCGC mengganggu laju mobil pemadam kebakaran yang sedang bertugas

Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) mengatakan, mobil pemadam dan ambulans pantas mendapat penggunaan hak utama. Sebab, terkait etika, di mana pengguna jalan seharusnya mengedepankan nurani dan akal sehat.

"Boleh jadi, kendaraan pemadam kebakaran yang sedang bertugas ditempatkan di urutan teratas dalam para pemilik hak utama karena dilandasi situasi genting," ujar Edo, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com