Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Mobil Hybrid Suzuki yang Bakal Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 16/04/2022, 18:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Ertiga facelift resmi diluncurkan di India oleh Maruti Suzuki. Low multi purpose vehicle (LMPV) tersebut sudah menggunakan teknologi Smart Hybrid.

Teknologi tersebut juga sempat dipamerkan di booth Suzuki pada ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Suzuki Ertiga Smart Hybrid Meluncur Duluan di India

Sebelumnya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga pernah memamerkan Ertiga Smart Hybrid pada pameran listrik yang digelar oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada 2019 lalu.

Suzuki Smart Hybrid di IIMS 2022KOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki Smart Hybrid di IIMS 2022

Harold Donnel, Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales, mengatakan, pihaknya berkomitmen tahun ini pasti akan meluncurkan produk elektrifikasi. Namun, belum tentu Ertiga Smart Hybrid duluan yang akan diluncurkan.

"Kita tidak bisa mengklarifikasi dulu, produk mana yang akan kita luncurkan untuk elektrifikasi baru kita. Bisa saja Ertiga, XL7, atau produk lainnya," ujar Harold, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (16/4/2022).

Baca juga: Suzuki Carry Pakai Teknologi Smart Hybrid? Bisa Jadi

"Kalau bisa dilihat, yang kita gabungkan sasisnya, platform-nya Heartect. Tinggal dilihat saja, platform Heartect yang ada di Indonesia apa saja, potensinya bisa ke arah sana," katanya.

Suzuki Ignis menggunakan teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki). Febri Ardani/KompasOtomotif Suzuki Ignis menggunakan teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki).

Saat ini, selain Ertiga dan XL7, platform Heartect digunakan juga pada Ignis dan Baleno. Namun, jika mengacu pada pernyataan Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, maka kandidat terkuatnya adalah Ertiga dan XL7.

"Tapi kata kuncinya, teknologi ini diimplementasikan di yang saat ini menjadi volume maker secara segmen, kendaraan penumpang," ujar Donny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com