Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ngebut Saat Start, kenapa Motor Marquez di MotoGP Amerika?

Kompas.com - 11/04/2022, 15:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Motor balap RCV213V tunggangan Marc Marquez terlihat tidak bisa ngebut saat start di balapan MotoGP Amerika Serikat 2022, Senin (11/4/2022) dini hari WIB.

Hal ini menyebabkan ‘King of COTA’ melorot hingga urutan 24. Beruntung Marquez masih bisa finis di posisi 6.

Namun pebalap asal Spanyol melakukan comeback luar biasa setelah masalah teknis yang dihadapinya.

Baca juga: Hasil MotoGP Amerika 2022: Bastianini Juara, Marquez Luar Biasa

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh MotoGP™ (@motogp)

Dia harus menyalip belasan pebalap. Dia juga bertarung dengan Fabio Quartararo dan Jorge Martin sebelum finis di urutan keenam untuk meraih poin berharga.

“Di satu sisi saya kecewa karena jelas kami punya kecepatan. Saya bisa menikmati balapan dengan sangat baik, datang dari belakang, tapi 25 poin mungkin didapat hari ini," ujar Marquez, dikutip dari Crash (11/4/2022).

Marquez mengakui, motor tunggangannya mengalami masalah teknis. Menurutnya, Honda sedang menyelidiki apa masalah tersebut.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP Usai GP Amerika, Bastianini Rebut Puncak Klasemen

“Sejak awal, saya melihat beberapa alarm [lampu peringatan di dasbor]. Saya mencoba untuk memulai, tetapi motornya gila dan saya pikir itu sesuatu yang besar karena sampai tikungan pertama tidak ada [tenaga] dari motor,” ucap Marquez.

“Saya bahkan memeriksa, 'apakah saya memasang pit limiter?' Tapi tidak. Alarm tetap menyala untuk semua balapan tapi untungnya setelah tikungan pertama, ketika perangkat holeshot dilepaskan dan semuanya, motor bekerja kurang lebih dengan cara yang baik,” kata dia.

Marquez juga mengatakan, tubuhnya belum siap 100 persen untuk membalap di semua lap. Oleh sebab itu, ketika tersisa 5-6 lap, ia hanya berusaha untuk menyelesaikan lomba.

Baca juga: Kena ETLE Saat Mudik Pakai Mobil Rental, Siapa yang Bayar Denda?

Meski begitu, Marquez masih bisa mencatatkan lap tercepat kedua, dengan selisih 0,032 detik di belakang rekor baru Enea Bastianini, pada lap 13 dari 20.

“Hasilnya memang tidak seperti yang kami harapkan, tetapi jika kami memeriksa bagaimana kami memulai dan di mana kami berada di tikungan pertama, dengan bagaimana kami selesai, kami dapat mengatakan bahwa kami membangun banyak kepercayaan diri,” kata Marquez.

“Tapi saya datang ke sini untuk bersaing. Tentu saja saya mencoba mengendalikan diri untuk tidak banyak menekan dan dalam balapan saya berkata, 'oke saya terakhir, tapi saya tidak mematok target. Saya akan melakukannya selangkah demi selangkah',” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com