Akibat Anak Putar Tuas Gas Skutik, Satu Keluarga Tercebur ke Sungai

Kompas.com - 11/04/2022, 03:41 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor jenis skutik saat ini jadi pilihan populer di tengah masyarakat. Penggunaanya cukup mudah dan nyaman kerap jadi pilihan berkendara, terlebih lagi jika membawa anak.

Namun siapa sangka pemilihan skutik ini juga bisa menimbulkan kecelakaan yang terbilang fatal. Pengendara yang tidak menguasai perangkat keselamatan motornya bisa berakhir celaka.

Seperti contoh kejadian nahas yang menimpa sekeluarga asal Desa Banjardowo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pada Sabtu (9/4/2022).

Baca juga: Pentingnya Produksi Baterai Kendaraan Listrik di Tanah Air

Kejadian bermula saat keluarga tersebut naik sepeda motor matik hendak menyeberangi Sungai Brantas dengan menaiki perahu penyebrangan.

Saat perahu mendekati sandaran perahu di wilayah Megaluh, ketiganya bersiap dengan motor yang mereka tumpangi.

Namun, begitu perahu belum sempat pinggir tempat bersandar, sang anak menarik tuas gas motor.

Motor matik dengan teknologi Idling Stop System. Anaknya dimungkinkan menarik tuas gas sehingga korban tercebur ke sungai,” ucap Kapolsek Megaluh AKP Soesilo dikutip dari Regional Kompas.com, Minggu (10/4/2022).

Tim SAR melakukan pencarian korban tenggelam di Sungai Brantas, di wilayah Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (9/4/2022).KOMPAS.COM/MOH. SYAFIÍ Tim SAR melakukan pencarian korban tenggelam di Sungai Brantas, di wilayah Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (9/4/2022).

Akibatnya, ketiga korban jatuh ke dalam sungai bersama sepeda motor yang mereka naiki. Satu dinyatakan meninggal dunia, satu korban lagi masih dalam pencarian petugas, sementara sang anak berhasil diselamatkan.

Dari peristiwa ini para orang tua seharusnya sadar akan bahaya membonceng anak di bagian depan.

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, bahaya membawa anak kecil di depan berpengaruh pada reaksi berkendara, terutama saat motor berhenti.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.