Kompas.com - 09/04/2022, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhelatan otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 masih diselenggarakan sampai Minggu (10/4/2022) mendatang.

Tidak hanya diramaikan oleh berbagai merek mobil dan motor, pengunjung juga bisa melihat aneka ragam aksesori resmi hingga modifikasi-modifikasi mobil yang menarik, salah satunya adalah modifikasi motorhome.

Motorhome sendiri merupakan mobil yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menyerupai tempat tinggal. Berbeda dengan mobil-mobil lainnya, motorhome memiliki fitur-fitur layaknya di rumah seperti tempat tidur, alat makan, tempat duduk, dan lain sebagainya.

Baca juga: Brio Satya Laku Keras, Penjualan Terbanyak Honda di IIMS 2022

Jika tertarik untuk memodifikasi kendaraan jadi motorhome, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah pemilihan mobil yang akan dijadikan motorhome. Biasanya, pemilik kendaraan yang akan modifikasi mobilnya jadi motorhome menggunakan mobil double cabin sebagai basisnya.

"Kebetulan kita memang dorong prosesnya mobil itu (double cabin)," ucap Umbu Tedy, Ketua Indonesia Motorhome Club sekaligus Head Division Motorhome Baze saat ditemui Kompas.com di IIMS 2022, Sabtu (9/4/2022).

Ia menjelaskan, sebenarnya mobil tipe apapun bisa dijadikan motorhome. Namun, semakin kecil dimensinya, maka semakin sedikit fiturnya.

Semakin besar dimensi mobilnya, maka pengguna bisa menikmati lebih banyak fitur seperti tempat tidur, wastafel hingga toilet. Seperti motorhome double cabin yang dipajang di booth Baze, motorhome double cabin dengan basis Nissan Navara.

Motorhome basis Nissan Navara di booth Baze, IIMS Hybrid 2022, Sabtu (9/4/2022)KOMPAS.com/Serafina Ophelia Motorhome basis Nissan Navara di booth Baze, IIMS Hybrid 2022, Sabtu (9/4/2022)

Kemudian saat melakukan modifikasi, ada surat-surat kelaikan jalan yang harus diurus agar kendaraan legal untuk digunakan berkendara. Umbu menjelaskan, semua surat nantinya diurus oleh pihak karoseri. Sehingga, pelanggan tinggal terima kendaraan yang sudah siap pakai saja.

"Itu yang mengurus memang dari pihak karoserinya. Jadi bukan dari pelanggannya, dari karoserinya," ucap Umbu.

Untuk kisaran harga, modifikasi buat mobil dengan basis double cabin terbilang lebih mahal ketimbang motorhome basis MPV premium, misalnya Hyundai H1.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.