Viral, Video Toyota Avanza Kelebihan Muatan

Kompas.com - 09/04/2022, 16:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Membawa barang bawaan atau jumlah penumpang yang melebihi kapasitas maksimal daya angkut mobil, tak hanya bisa merusak komponen kendaraan tetapi juga membahayakan bagi pengemudi dan penumpang.

Seperti contoh video yang diunggah oleh akun Tiktok bernama @bonisalombre. Dalam rekaman tersebut terlihat mobil Toyota Avanza yang kelebihan muatan hingga pintu bagasi tidak bisa ditutup.

Bahkan pada cuplikan tersebut terlihat sebuah roda sepeda motor yang turut diangkut oleh LMPV murah itu.

Baca juga: Brio Satya Laku Keras, Penjualan Terbanyak Honda di IIMS 2022

Menanggapi hal ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, membawa barang atau muatan itu ada aturannya.

“Jangan anggap remeh sekadar cari irit saja. Ketika tidak sesuai aturan, maka ban, suspensi, driver, struktur kendaraan akan bekerja diluar kemampuan dan akhirnya justru berujung celaka,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (9/4/2022).

Sony menambahkan, kendaraan yang muatannya berlebih sangat membahayakan. Jika overloading, kendaraan akan mudah sekali oleng dan terbalik karena suspensi dan ban sudah tidak mampu memberikan data dukung optimal.

@bonisalombre avanza long casis???????? #rental_manado_luwukbanggai #driver_tiktok #fyp @alviomillendry ? suara asli - #STOP ASIAN HATE

Kemudian jika over dimensi, fasilitas kabin itu terbatas sehingga barang-barang bawaan tidak boleh sedikitpun keluar melebihi lebar dan tinggi dari kendaraan.

“Jangan lupa barang yang keluar melebihi dimensi kendaraan bisa melukai atau menyerempet orang lain. Kalaupun akan membawa barang idealnya menggunakan kendaraan pickup,” kata Sony.

Hal yang membahayakan lainnya adalah terkait visibilitas, sekalipun barang muat di dalam kabin tetapi bukan berarti boleh full barang. Sebab menurut Sony pengemudi butuh visibilitas kebelakang dari kaca spion tengah.

“Jadi tetap ketinggian maksimumnya adalah sebahu pengemudi. Semakin besar visibilitas pengemudi semakin mudah mengantisipasi kondisi darurat,” kata Sony.

Baca juga: Belanja Produk Perawatan Mobil di IIMS 2022

Sementara itu, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi menambahkan, kondisi kelebihan muatan memang kerap terjadi terutama saat musim mudik karena minim nya perhatian saat membawa barang. Kondisi ini akan sangat fatal karena membuat mobil overload.

“Parahnya lagi bisa menimbulkan risiko saat dikendarai, seperti handling mobil yang berkurang, jarak pengereman yang mengalami degradasi. Apalagi bagi yang melintas ruas tol yang didominasi dengan lintasan lurus, akan sangat berbahaya ketika asal tancap gas dalam kondisi bobot mobil berlebih,” ujar Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.