Ini Daftar Kota Tujuan, Syarat, dan Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub

Kompas.com - 09/04/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), bakal menggelar program mudik gratis bagi masyarakat. Total armada bus yang disiapkan sebanyak 350 unit.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, salah satu tujun dari program mudik gratis adalah untuk menekan masyarakat yang ingin ke kampung halaman menggunakan sepeda motor.

"Diimbau bagi masyarakat untuk tidak mudik dengan motor apalagi dengan muatan yang sarat penumpang dan barang. Karena itu, Ditjen Hubdat tahun ini kembali mempersiapkan mudik gratis dengan bus," ujar Budi, dalam acara virtual Media Briefing, Jumat (8/4/2022).

Penyediaan program mudik gratis juga sesuai dengan arahan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, yang meminta agar program ini kembali digelar usai vakum selama 2 tahun imbas pandemi Covid-19.

Baca juga: Antisipasi Kemacetan Mudik, Kemenhub Siapkan Contraflow dan One Way

Mudik gratis nantinya bisa digunakan masyarakat umum, khususnya yang ingin pulang kampung menggunakan motor. Namun demikian, Budi menjelaskan jumlah kota tujuan serta armada yang disiapkan tidak terlalu banyak.

Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Foto diambil pada Selasa (4/5/2021).KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Foto diambil pada Selasa (4/5/2021).

"Anggarannya tidak terlalu besar dan kisaran masyarakat yang dapat ditampung yaitu 10.500 penumpang dengan 350 unit bus. Pendaftaran dimulai 9 April dengan tujuan 14 kota di Jawa Tengah," kata Budi.

Dari jumlah bus yang disiapkan, 270 unit akan digunakan menampung 8.100 penumpang, dan disipakan 80 unit bus yang diperkirakan bisa membawa 2.400 orang saat balik.

Sementara 34 unit truk juga akan difasilitasi untuk membawa 1.020 unit motor pemudik yang diberangkatkan menuju Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Wonogiri.

Budi menjelaskan, Jawa Tengah dipilih menjadi lokasi terbanyak mudik gratis karena memang dari hasil survei tujuan terbanyak masyarakat akan mengarah ke sana. Sedangkan untuk daftar kota untuk program yang akan digelar 28 April 2022 meliputi :

1. Tegal
2. Semarang
3. Demak
4. Kudus
5. Boyolali
6. Solo
7. Klaten
8. Wonogiri
9. Wonosari
10. Yogyakarta
11. Magelang
12. Wonosobo
13. Kebumen
14. Purwokerto

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.