Prediksi Arus Mudik Lebaran 2022 Terjadi pada 29 April

Kompas.com - 09/04/2022, 06:32 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menyatakan akan mengizinkan kegiatan mudik pada Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran pada tahun ini.

Puncak arus mudik Lebaran 2022 pun diprediksi akan dimulai pada 29 April mendatang. Hal ini diungkapkan oleh Kabagops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi.

“Untuk mudik puncaknya tanggal 29 dan 30 (April), sedangkan baliknya tanggal 7 dan 8 (Mei),” ucap Eddy melalui keterangan resmi, Jumat (8/4/2022).

Baca juga: Moeldoko Mampir ke IIMS Hybrid 2022, Bicara Mobil Listrik

Dengan adanya prediksi tersebut, polisi telah menyiapkan sejumlah skema untuk mengantisipasi kepadatan.

Eddy menuturkan, kepolisian telah merumuskan sejumlah skenario untuk mengantisipasi kemacetan dan penumpukan kendaraan selama arus mudik. Menurutnya, di beberapa titik akan dilakukan contraflow hingga sistem one way (satu arah).

Kendaraan melintasi Tol Pejagan - Brebes, Jawa Tengah, saat arus mudik lebaran H-6, Sabtu (11/7/2015). Tol Pejagan-Brebes dioperasikan untuk mengurangi kemacetan arus mudik lebaran meski kondisi fisik jalan masih jelek. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Kendaraan melintasi Tol Pejagan - Brebes, Jawa Tengah, saat arus mudik lebaran H-6, Sabtu (11/7/2015). Tol Pejagan-Brebes dioperasikan untuk mengurangi kemacetan arus mudik lebaran meski kondisi fisik jalan masih jelek. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

“Titik titik potensi kemacetan tetap ada di ruas jalur arteri atau nasional, tol dan wisata. Namun demikian Polri sudah menyiapkan skema cara bertindaknya,” ucapnya.

Eddy melanjutkan, polisi juga akan memberlakukan sistem buka tutup di sejumlah tempat peristirahatan. Namun, ia belum dapat merincikan lebih lanjut mengenai titik-titik tersebut.

Pada kesempatan terpisah, Menko PMK Muhadjir Effendy memperkirakan puncak arus mudik tahun ini terjadi pada H-5 sampai H+1 lebaran. Artinya, puncak arus mudik bisa terjadi pada 28 April hingga 4 Mei 2022.

“Biasanya H-5 sampai H+1,” kata Muhadjir.

Baca juga: Antisipasi Kemacetan Mudik, Kemenhub Siapkan Contraflow dan One Way

Sebagai informasi, arus mudik tahun ini turut menjadi perhatian Presiden Joko Widodo. Dalam sidang kabinet, ia memerintahkan Kapolri, Panglima TNI, dan Menteri Perhubungan untuk mempersiapkan jalur mudik.

Presiden Jokowi ingin semua hal tentang mudik ditata sebaik mungkin. Ia tak ingin ada penumpukan pemudik pada libur Lebaran ini. Bahkan polisi pun diketahui tak akan melakukan penyekatan pada mudik Lebaran tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.