Honda Minta Maaf, Pesanan HR-V Baru Membeludak Bikin Inden 4-5 Bulan

Kompas.com - 08/04/2022, 14:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama meluncur, All New Honda HR-V ternyata langsung mendapat sambutan positif dari konsumen di Indonesia. Hal tersebut terlihat dari jumlah pemesanan unit yang terus mengalir sampai saat ini.

Berdasarkan data terakhir, sejak resmi dirilis pada 23 Maret 2022 sampai 6 April 2022, Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) untuk generasi kedua HR-V secara nasional sudah mencapai 5.195 unit.

"Kami bersyukur, pemesanan berdasarkan data terakhir per 6 April pukul 17.30 WIB itu untuk All New Honda HR-V sudah 5.195 SPK. Dari jumlah tersebut, kontribusi terbesar pemesanan dari wilayah Jabodetabek," ujar Yusak Billy, Businees Innovation, Sales, and Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) saat konferensi pers di booth Honda dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, Kamis (7/4/2022).

Baca juga: Bukan Disuntik Mati, Ini Alasan Honda Hanya Pasarkan 1 Varian Mobilio

Billy menjelaskan, penyerapan pasar generasi kedua dari total SPK All New HR-V di Jabodetabek jumlahnya mencapai 40 persen. Bahkan sebelumnya sempat hampir menyentuh 50 persen, tapi sudah berkurang lantaran penyebarannya suda sampai di luar Pulau Jawa yang meningkat 30 persen.

All New Honda HR-V SE IIMS Hybrid 2022KOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Honda HR-V SE IIMS Hybrid 2022

Sedangkan untuk tipe yang menjadi kontributor terbesar dari jumlah pemesanan 5.195 SPK tersebut, didominasi varian SE yang mencapai 57 persen. Untuk varian Turbo terserap 20 persen, demikian juga untuk tipe E, dan 3 persen lagi di tipe S.

Namun Billy menjelaskan, khusus pemesanan di kota-kota besar layaknya Jakarta dan Surabaya, ada perbedaan komposisi varian pemesanan yang mana untuk tipe SE sebanyak 50 persen dan varian turbo naik sampai 25 persen.

Hal tersebut diakui lantaran memang kebanyakan loyalis Honda di kota besar cenderung memiliki varian tertas yang kini dipasarkan sebesar Rp 503,9 on the road Jakarta.

Baca juga: Saat Suzuki Carry Tampil Menggoda dengan Tema Anak Pantai

"Kalau di Jakarta saja 25 persen, tapi secara nasional untuk HR-V Turbo hanya 20 persen. Sementara Tipe E dan S masih sama, sekitar 3 persenan. Sementara untuk warna, 33 persen didominasi putih, dan yang kedua warna baru Sand Khaki Pearl," ujar Billy.

All New Honda HR-VKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Honda HR-V

Inden

Meski merasa senang, namun pada lain hal Honda juga dibuat pusing lantaran terkendalanya proses produksi imbas kelangkaan cip semikonduktor yang berujung pada inden panjang untuk All New Honda HR-V.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.