Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Jamin Ketersediaan Suku Cadang Model Lawas hingga 10 Tahun

Kompas.com - 07/04/2022, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai sudah cukup lama dipasarkan di Indonesia. Tapi, untuk PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), baru beberapa tahun ini menjadi Agen Pemegang Merek (APM).

Tapi, sudah ada beberapa model yang dipasarkan, seperti Creta, Santa Fe, Palisade, Staria, Ioniq Electric, Kona Electric, dan yang terbaru Ioniq 5.

Baca juga: Begini Rasanya Nyetir Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5

Meski demikian, model-model lama yang dipasarkan di Indonesia, yang tidak dijual oleh HMID, tetap dijamin ketersediaan suku cadangnya.

Hyundai H-1 Royale CRD-1 Hyundai H-1 Royale CRD-1

Tony Hadiyanto, Head of Parts Department PT HMID, mengatakan, Hyundai membuat parts center atau parts distribution center di Deltamas, Cikarang. Luasnya kira-kira satu setengah kali lapangan bola.

"Kita sudah prediksi hingga 15 tahun hingga 20 tahun ke depan. Kapasitas yang ada di dalam parts center sekitar 28.000 item," ujar Tony, saat media briefing, di Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, di JiExpo Kemayoran, Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: Pemilik Hyundai Ioniq 5 Tidak Perlu Khawatir Mogok di Jalan

Tony menambahkan, misalkan satu mobil kira-kira terdiri dari 2.000 item, Hyundai bisa memuat sekitar 14 model mobil.

Hyundai Tucson diskon sampai Rp 30 juta di GIIAS 2015Ghulam/Otomania Hyundai Tucson diskon sampai Rp 30 juta di GIIAS 2015

"Kemudian, yang kita sediakan adalah model-model lama, seperti H-1, Avega, dan lainnya. Tentunya, ada juga model-model baru, keluaran dari HMID, seperti Kona EV, Ioniq EV, Palisade, Santa Fe, Staria, Creta, dan Ioniq 5," kata Tony.

"Kita di spare part ada mosi bahwa kita akan jamin sepuluh tahun setelah suatu model setop produksi. Kita masih dukung suku spart part-nya. Jadi, jangan takut untuk pemilik mobil-mobil lama, kita masih siapkan. Apalagi, part tersebut bersifat fast moving," ujarnya.

Mengenai pemasoknya, Tony mengatakan, terdiri dari dua sumber, yakni impor dan lokal. Untuk mobil yang masuk dengan status Completely Built Up (CBU), suku cadangnya pun diimpor juga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com