Bocoran Titik Speed Camera di Tol Trans-Jawa, Ini Tanggapan Jasa Marga

Kompas.com - 06/04/2022, 12:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar foto yang berisi tentang posisi speed camera yang ada di jalan tol di media sosial. Selain posisi, tertulis juga jumlahnya di setiap ruas jalan tol.

Terlihat pada foto yang beredar, ada 16 speed camera sepanjang jalan tol Trans-Jawa. Secara rinci, ada dua di Tol Jakarta-Cikampek, dua di Jakarta-Cikampek II, satu di Palimanan-Kanci, satu di Semarang ABC, dua di Semarang-Batang, satu di Semarang-Solo, dua di Solo-Ngawi, dua di Ngawi-Kertosono, satu di Surabaya-Gempol, satu di Surabaya-Mojokerto, dan satu di Pandaan Malang.

Mengenai foto yang beredar tersebut, Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga belum bisa melakukan kofirmasi kebenarannya.

Baca juga: Tilang Elektronik di Jalan Tol Jaring 6.835 Pelanggar Batas Kecepatan

Titik lokasi speed camera di jalan tol Trans Jawa() Titik lokasi speed camera di jalan tol Trans Jawa

"Ini tidak bersumber dari kami, sehingga saya tidak bisa mengonfirmasi," ucap Heru kepada Kompas.com, Rabu (6/4/2022).

Heru menjelaskan, Jasa Marga memiliki 25 speed camera. Saat ini baru ada tujuh yang sudah terintegrasi dengan Kepolisian.

"Untuk yang terintegrasi secara bertahap akan terus bertambah titik integrasinya," ucap Heru.

Baca juga: Dijual Rp 14 Jutaan, Cicilan Motor Listrik Volta 401 Mulai Rp 400.000

Dari 25 titik speed camera milik Jasa Marga, delapan terletak di Jabodetabek, 16 di Trans-Jawa dan satu speed camera ada di luar Jawa.

Sebelumnya, Marketing & Communication Dept. Head Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Tody Satria menjelaskan bahwa titik pasti speed camera tidak bisa dibagikan informasinya.

"Tapi, sebelum titik speed camera, ada rambu peringatan," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.