Kompas.com - 05/04/2022, 14:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sokonindo Automobile (DFSK) resmi menghentikan penjualan Glory 580 di pasar dalam negeri, setelah kali pertama diperkenalkan pada 2018 lalu.

Diungkapkan PR & Media Manager DFSK Achmad Rofiqi, kini sport utility vehicle (SUV) kelas menengah tersebut digantikan perannya oleh DFSK i-Auto yang lebih canggih.

"Terakhir memang kita di 2020 akhir sudah masuk ke end life cycle-nya (siklus hidup), digantikan i-Auto. Sebab memang itu penyempurnaan dari 580," katanya saat ditemui di pameran IIMS 2022, Senin (4/3/2022).

Baca juga: PPMKI Pajang Deretan Mobil Balap Lawas di IIMS Hybrid 2022

Glory 580 Menanjak, Kamis (10/12/2020).KOMPAS.com/Ruly Glory 580 Menanjak, Kamis (10/12/2020).

"Penyempurnaannya cukup banyak ya, dengan ditambahkan teknologi seperti voice command dan panoramic sunroof yang sesuai keinginan konsumen," lanjut Rofiqi.

Artinya, secara diam-diam perseroan menutup lajur produksi 580 dalam pabriknya yang bertempat di kawasan industri Cikande, Serang, Banten sejak satu tahun lalu.

Namun bagi pemilik, jangan khawatir. Pasalnya ketersediaan komponen pada mobil tetap dijamin karena tidak banyak perbedaan dengan model Glory i-Auto.

"Jadi, kita sudah tidak melakukan penjualan lagi setelah i-Auto nya kita lihat merupakan penyempurnaan 580. Kalau tidak salah, mulai awal 2021 kemarin," ujar Rofiqi.

Baca juga: Dibeli Bamsoet, FIN Komodo Harap Pemerintah Dukung Produsen Lokal

DFSK Glory 580 Ikut Ekspedisi Tol Trans Jawadok.DFSK DFSK Glory 580 Ikut Ekspedisi Tol Trans Jawa

Mengutip data penjualan mobil di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sejak kali pertama dihadirkan di Indonesia memang Glory 580 tidak terlalu bersinar.

Bahkan trennya terus mengalami penurunan, seperti di 2018 yang tercatat mampu mencapai 618 unit. Kemudian setahun setelahnya, penjualannya itu tak sampai 500 unit, hingga tersisa 45 unit saja di akhir 2020.

Secara keseluruhan, selama tiga tahun lebih meramaikan pasar SUV Medium di Indonesia, Glory 580 mencatatkan wholesales sebanyak 1.219 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.