Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga BBM Naik, Ini Perbandingan Layanan SPBU Shell dan Pertamina

Kompas.com - 03/04/2022, 16:30 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) saat ini mengalami kenaikan banderol seiring dengan meningkatnya harga minyak dunia. Salah satu penyedia bahan bakar yang menaikkan harga jual produknya adalah Pertamina.

Pertamina menyesuaikan harga untuk Pertamax dari yang awalnya Rp 9.000 per liter, kini menjadi Rp 12.500 per liter. Sedangkan untuk Pertalite, harganya tetap, yakni Rp 7.650 per liter.

Berikutnya untuk Pertamax Turbo, harganya naik seribu rupiah dari bulan lalu, jadi Rp 14.500 per liter.

Dexlite dan Pertamina Dex juga mengalami kenaikan walau tidak terlalu besar, yakni Rp 12.900 per liter (Dexlite) dan Rp 13.700 per liter (Pertamina Dex).

Baca juga: Update Harga BBM Pertamina, Shell, BP, dan Vivo per Maret 2022

Ilustrasi SPBU Pertamina di JakartaDok. Pertamina Ilustrasi SPBU Pertamina di Jakarta

Naiknya harga-harga BBM Pertamina turut membuat merek BBM lainnya menyesuaikan harga. Misalnya seperti Shell yang belum lama ini meningkatkan harga jual produknya yang setara Pertamax seperti Shell Super yang kini dijual Rp 16.000 per liter.

Begitu pun untuk varian V-Power, harganya kini Rp 16.500 per liter, naik Rp 2.000 dari bulan lalu. Varian V-Power Nitro+ kini juga jadi dijual dengan harga Rp 18.040 per liter, sedangkan yang Diesel, kini harganya Rp 18.100 per liter.

Dengan meningkatnya harga jual BBM, lantas bagaimana dengan layanan yang ditawarkan masing-masing SPBU?

Baca juga: Desa Terpencil Dijuluki Kampung Tesla, Penduduknya Punya Puluhan Tesla

Petugas SPBU Shell mengisi bahan bakar minyak (BBM) beberqapa waktu lalu.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Petugas SPBU Shell mengisi bahan bakar minyak (BBM) beberqapa waktu lalu.

Secara umum, dengan harga BBM yang lebih mahal, layanan di SPBU Shell terasa lebih baik. Selain selalu melempar senyum kepada konsumen, Shell juga selalu memberikan struk pembelian tanpa harus diminta.

Petugas SPBU Pertamina pada dasarnya juga ramah, namun tidak semua menyapa konsumen yang beli BBM.

Dari sistem pembayaran pun juga sedikit berbeda. Di mana saat membeli BBM di SPBU Shell, ada kasir sendiri yang khusus menerima dan memberikan uang kembalian.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Argentina 2022, Kejutan dari Aleix Espargaro

Petugas SPBU Pertamina

Dok Pertamina Petugas SPBU Pertamina

Sementara di SPBU Pertamina tidak ada kasir, melainkan petugasnya sendiri yang langsung menerima uang dari konsumen.

Selain itu, SPBU Pertamina juga menyediakan layanan self service, yang bisa mempercepat proses pengisian. Sementara itu, layanan ini tidak dimiliki oleh SPBU Shell.

Kemudian di SPBU Shell, petugas akan menawarkan jasa untuk membersihkan kaca mobil secara gratis. Sementara SPBU Pertamina mayoritas tidak ada.

Baca juga: Jadwal MotoGP Argentina 2022 Hari Ini, Balapan Berlangsung Senin Pagi

Petugas SPBU Shell mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Shell V-Power ke mobil BMW 520i Luxury saat acara ''flag-off'' dari BMW Driving Experience di SPBU Shell, Jalan Gatot Subroto, Menteng Dalam, Jakarta, Senin (12/3/2018). Program BMW Driving Experience merupakan kegiatan untuk menempuh lima kota besar sejauh 900 kilometer dengan mengendarai BMW Seri 5, salah satunya BMW 520i Luxury yang memiliki mesin 4-silinder BMW TwinPower Turbo serta memakai bahan bakar berkualitas.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Petugas SPBU Shell mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Shell V-Power ke mobil BMW 520i Luxury saat acara ''flag-off'' dari BMW Driving Experience di SPBU Shell, Jalan Gatot Subroto, Menteng Dalam, Jakarta, Senin (12/3/2018). Program BMW Driving Experience merupakan kegiatan untuk menempuh lima kota besar sejauh 900 kilometer dengan mengendarai BMW Seri 5, salah satunya BMW 520i Luxury yang memiliki mesin 4-silinder BMW TwinPower Turbo serta memakai bahan bakar berkualitas.

Shell juga memiliki kartu Shell Club Smart atau kini menjadi aplikasi Shell Asia yang dapat memberikan keuntungan kepada konsumen yang sudah menjadi member. Adapun untuk konsumen Pertamina bisa mendaftar keanggotaan lewat aplikasi MyPertamina.

Kemudian untuk fasilitas lainnya, hampir di seluruh SPBU Shell terdapat minimarket Shell Select, toilet gratis, fasilitas tambah air dan angin gratis, hingga layanan ganti oli.

Sedangkan di SPBU Pertamina, tersedia juga toilet. Kemudian fasilitas tambah air dan angin, namun yang ada kebanyakan adalah depo pengisian nitrogen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com