Harga BBM Naik, Ini Perbandingan Layanan SPBU Shell dan Pertamina

Kompas.com - 03/04/2022, 16:30 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) saat ini mengalami kenaikan banderol seiring dengan meningkatnya harga minyak dunia. Salah satu penyedia bahan bakar yang menaikkan harga jual produknya adalah Pertamina.

Pertamina menyesuaikan harga untuk Pertamax dari yang awalnya Rp 9.000 per liter, kini menjadi Rp 12.500 per liter. Sedangkan untuk Pertalite, harganya tetap, yakni Rp 7.650 per liter.

Berikutnya untuk Pertamax Turbo, harganya naik seribu rupiah dari bulan lalu, jadi Rp 14.500 per liter.

Dexlite dan Pertamina Dex juga mengalami kenaikan walau tidak terlalu besar, yakni Rp 12.900 per liter (Dexlite) dan Rp 13.700 per liter (Pertamina Dex).

Baca juga: Update Harga BBM Pertamina, Shell, BP, dan Vivo per Maret 2022

Ilustrasi SPBU Pertamina di JakartaDok. Pertamina Ilustrasi SPBU Pertamina di Jakarta

Naiknya harga-harga BBM Pertamina turut membuat merek BBM lainnya menyesuaikan harga. Misalnya seperti Shell yang belum lama ini meningkatkan harga jual produknya yang setara Pertamax seperti Shell Super yang kini dijual Rp 16.000 per liter.

Begitu pun untuk varian V-Power, harganya kini Rp 16.500 per liter, naik Rp 2.000 dari bulan lalu. Varian V-Power Nitro+ kini juga jadi dijual dengan harga Rp 18.040 per liter, sedangkan yang Diesel, kini harganya Rp 18.100 per liter.

Dengan meningkatnya harga jual BBM, lantas bagaimana dengan layanan yang ditawarkan masing-masing SPBU?

Baca juga: Desa Terpencil Dijuluki Kampung Tesla, Penduduknya Punya Puluhan Tesla

Petugas SPBU Shell mengisi bahan bakar minyak (BBM) beberqapa waktu lalu.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Petugas SPBU Shell mengisi bahan bakar minyak (BBM) beberqapa waktu lalu.

Secara umum, dengan harga BBM yang lebih mahal, layanan di SPBU Shell terasa lebih baik. Selain selalu melempar senyum kepada konsumen, Shell juga selalu memberikan struk pembelian tanpa harus diminta.

Petugas SPBU Pertamina pada dasarnya juga ramah, namun tidak semua menyapa konsumen yang beli BBM.

Dari sistem pembayaran pun juga sedikit berbeda. Di mana saat membeli BBM di SPBU Shell, ada kasir sendiri yang khusus menerima dan memberikan uang kembalian.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Argentina 2022, Kejutan dari Aleix Espargaro

Petugas SPBU Pertamina

Dok Pertamina Petugas SPBU Pertamina

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.