Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya, Jangan Main Ponsel Saat Isi BBM di SPBU

Kompas.com - 23/02/2022, 12:22 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Larangan menggunakan ponsel saat sedang mengisi BBM di SPBU bukannya tanpa alasan. Pelarangan tersebut diterapkan demi keselamatan bersama.

Seperti peristiwa yang terekam dan diunggah oleh akun Instagram @tipsdekorasi, Rabu (23/2/2022), terjadi kebakaran pada mobil yang sedang melakukan pengisian BBM di SPBU.

Dalam unggahan tersebut tertulis keterangan bahwa uap BBM dapat masuk ke dalam kabin mobil. Adanya aktivitas penggunaan ponsel dalam kabin mobil lantas menyebabkan timbulnya api dan berujung pada kebakaran mobil.

Baca juga: Detail Penurunan Harga Daihatsu All New Xenia, Rocky, dan Terios

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tips Dekorasi | Desain Rumah (@tipsdekorasi)

Beruntung pengemudi mobil tersebut bertindak sigap dan segera menjauhkan mobilnya dari mesin dispenser BBM demi mencegah kebakaran yang lebih luas. Petugas SPBU pun segera menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) yang tersedia.

Ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (23/2/2022), Paimin, Kepala SPBU Pertamina Cikini dan Pramuka membenarkan bahwa menggunakan ponsel saat tengah mengisikan BBM ke kendaraan memiliki risiko timbulnya percikan api yang menyebabkan kebakaran.

Oleh sebab itu, seluruh SPBU bisa dipastikan menerapkan larangan penggunaan ponsel di area SPBU guna mencegah terjadinya kebakaran.

Baca juga: Pengguna Motor yang Bannya Tanpa Tutup Pentil Bisa Kena Tilang?

Ilustrasi SPBU Pertamina. KOMPAS/HERU SRI KUMORO Ilustrasi SPBU Pertamina.

"Betul terkait larangan menggunakan ponsel di area pulau pompa SPBU, terutama saat proses pengisian BBM, di mana ada uap BBM menyebar di radius 1,5 sampai 3 meter. Sangat tinggi risiko adanya kebakaran," ucap Paimin.

Ia menuturkan, listrik statis yang muncul akibat koneksi dari ponsel, serta kerenggangan baterai dalam ponsel, bisa menjadi pemicu munculnya percikan api.

Dalam kesempatan tersebut, Paimin juga menjelaskan fakta bahwa asumsi bahwa gelombang elektromagnetik dari ponsel bisa mengganggu takaran pada dispenser BBM tidaklah benar. Larangan penggunaan ponsel di area SPBU murni demi mencegah timbulnya kebakaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com