Kompas.com - 03/04/2022, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aprilia meraih hasil terbaiknya dalam kualifikasi di era MotoGP. Aleix Espargaro mencatatkan waktu tercepat alias mendapat pole position.

Aleix sukses meraih pole position pertamanya di kelas utama. Begitu pula untuk tim Aprilia Racing di era MotoGP ini juga menjadi yang pertama kalinya.

Meskipun waktu yang dimiliki sangat terbatas, dengan sesi latihan bebas dan kualifikasi dilaksanakan bersamaan pada hari yang sama, tapi para pebalap Aprilia bisa tampil menjanjikan.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Argentina 2022, Kejutan dari Aleix Espargaro

Pada sesi latihan bebas FP2, kedua pebalap Aprilia sudah sanggup memonopoli dua posisi teratas. Aleix dan Maverick Vinales pun otomatis langsung masuk sesi kualifikasi Q2.

Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Argentina 2022Dok. Aprilia Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Argentina 2022

Pada sesi kualifikasi di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Aleix mencatatkan waktu tercepat 1 menit 37,688 detik. Dia mengaku sangat bangga dengan hasil tersebut.

"Saya selalu mengatakan bahwa Aprilia adalah keluarga kedua saya. Ada ikatan yang erat dengan proyek ini, dan rasa terima kasih yang tulus saya sampaikan kepada seluruh pihak yang bekerja secara terus menerus, di lintasan dan di Noale, untuk mewujudkan kesuksesan ini," ujar Aleix, dalam keterangan resminya.

Aleix menambahkan, dirinya sudah memikirkan tentang pole hari ini setelah melihat kecepatannya selama sesi latihan bebas, baik dengan ban belakang medium maupun soft.

Baca juga: Tepati Janji, Ini Momen Aleix Espargaro Lempar Helm ke Penonton di Mandalika

"Besok? Tidak akan menjadi balapan yang mudah. Kami memiliki waktu yang sangat terbatas dari biasanya untuk mempersiapkan diri, tapi kami tetap siap," kata Aleix.

Aleix Espargaro dan Maverick Vinales start dari barisan pertama dan kedua pada MotoGP Argentina 2022Dok. Aprilia Aleix Espargaro dan Maverick Vinales start dari barisan pertama dan kedua pada MotoGP Argentina 2022

Sementara rekan setimnya, Vinales, dengan catatan waktu 1 menit 38,196 detik, akan start dari posisi kelima. Hasil tersebut juga jadi yang terbaik sejauh dia bergabung dengan Aprilia.

"Saya sangat bahagia untuk Aleix dan untuk Aprilia. Saya rasa ini adalah hasil yang layak didapatkan. Keseluruhan tim bekerja dengan sangat baik. Saya langsung merasa nyaman meski dengan low grip di aspal. Pada balapan esok hari, kami harus lebih fokus. Namun, saya tidak khawatir karena apapun hasil akhirnya, perkembangan kami dan langkah maju yang kami ambil sejak dari Mandalika," ujar Vinales.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.