Hindari Kebakaran, Begini Teknik Modifikasi Audio Mobil yang Aman

Kompas.com - 28/03/2022, 18:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Belakangan ini banyak kasus mobil terbakar di jalan. Kondisi ini umumnya terjadi karena korsleting listrik yang tiba-tiba terjadi, lalu menciptakan bunga api, dan secara cepat menjalar ke komponen mobil.

Modifikasi pada kelistrikan, yang salah satunya instalasi audio disinyalir jadi sebab kebakaran. Oleh sebab itu, pemilik wajib tahu instalasi audio mobil yang aman.

Sandy Wuntoro, instalatur audio sekaligus pemilik dan pendiri Sterindo Autosound, mengatakan, komponen kabel dan sekring wajib diperhatikan oleh para pemilik saat memodifikasi audio mobilnya.

Baca juga: Tak Terima Ditegur Lawan Arus, Driver Ojol Aniaya Pengemudi Mobil

Petugas berusaha memadamkan mobil Daihatsu Zebra B2791AJ yang terbakar di Jalan Trunojoyo, samping Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (4/2/2015). Mobil itu membawa lima tangki berisi ratusan liter bahan bakar minyak.  KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Petugas berusaha memadamkan mobil Daihatsu Zebra B2791AJ yang terbakar di Jalan Trunojoyo, samping Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (4/2/2015). Mobil itu membawa lima tangki berisi ratusan liter bahan bakar minyak. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

“Pertama itu kita pilih kabel, kabel kita itu benar-benar harus bagus. Terus yang benar-benar bahannya dipertanggungjawabkan sama brand,” ujar Sandy, kepada wartawan di Jakarta (28/3/2022).

“Nah kalau kabel kita harus lihat brand, kalau amplifier dan lain-lain enggak harus lihat brand. Pemilihan komponen audio murah enggak pengaruh sama kebakaran. Jadi enggak ada urusan soal itu. Soal safety lebih ke kabel sama instalasi,” kata dia.

Perihal kabel, Sandy memberikan ilustrasi, apabila konsumen hendak memasang dua amplifier, maka minimal pakai kabel ukuran 8 awg. Kemudian pilihlah kabel yang benar-benar 8 awg, bukan kabel banci.

Baca juga: Viral, Video Mobil DFSK Tak Kuat Menanjak

Tampilan head unit Asuka car TV BM series 2 di dashboard mobil.Asuka Car TV Tampilan head unit Asuka car TV BM series 2 di dashboard mobil.

Kemudian, kalau pasang lebih dari dua amplifier, pilihlah kabel ukuran 4 awg. Sementara jika ingin memasang lebih dari lima amplifier, gunakan kabel 0 awg atau 2 awg.

“Yang paling penting lagi itu fuse (sekring). Biasa kalau pasang amplifier di dalam mobil, sekringnya hanya di aki,” ucap Sandy.

“Nah yang di dekat ampli, orang bilang enggak perlu, karena di dalam ampli sudah ada. Iya di ampli sudah ada, tapi kan setrum yang masuk korslet, yang ke ampli putus, tapi yang ke depan kan enggak,” tutur dia.

Baca juga: Honda Luncurkan CG125 Terbaru, Tampilan Mirip GL Pro Lawas

Bisa mengangkat kualitas suara jadi lebih baik dalam kabin mobil.Pioneer Bisa mengangkat kualitas suara jadi lebih baik dalam kabin mobil.

Menurutnya, instalasi sebelum masuk ke amplifier itu harus ada sekring lagi. Jadi ada dua sekring sebagai pengaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.