Indonesia Ajak Inggris Kerja Sama di Industri Kendaraan Listrik

Kompas.com - 28/03/2022, 17:40 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengajak Inggris untuk berinvestasi di dalam negeri, khususnya pada sektor hilirisasi sumber daya alam.

Salah satu industri yang dilirik ialah kendaraan bermotor listrik yang kini sedang berkembang di seluruh dunia. Sehingga, dengan kerja sama berkesinambungan maka pertumbuhan akan terjadi.

"Saya berharap Pemerintah Inggris dapat mengambil peran aktif dalam mendorong perusahaan asal Inggris untuk berinvestasi di bidang industri hilirisasi yang berbasis sumber daya alam," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (28/3/2022).

Baca juga: Pemerintah Harus Antisipasi Risiko Mudik Lebaran Tahun Ini

Ilustrasi mobil listrik ToyotaCARSCOOPS.com Ilustrasi mobil listrik Toyota

Hal tersebut, diungkapkan Bahlil setelah kunjungan kerjanya ke London, Inggris bersama Duta Besar Indonesia untuk Inggris dan Ketua Umum KADIN Indonesia, berserta jajaran.

Dalam kesempatan itu pula, Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone menyampaikan minat Pemerintah Inggris untuk bersama-sama Indonesia mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Grimstone optimistis cakupan teknologi dan kapasitas yang dimiliki oleh perusahaan Inggris di sektor tersebut, bisa membantu Indonesia membangun industri kendaraan listrik

"Inggris dapat berperan sebagai hub investasi negara Eropa untuk masuk dan berinvestasi di sektor tersebut di Indonesia, memanfaatkan perjanjian perdagangan Inggris dengan sejumlah negara mitra strategis," ujar Grimstone.

Hanya saja belum diungkapkan perusahaan apa saja yang berpotensi untuk masuk atau menanamkan komitmennya di Tanah Air.

Baca juga: Alasan Absennya Transmisi Manual pada All New Honda HR-V

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) tipe ultra fast charging di Central Parkir ITDC Nusa Dua, Bali, Jumat (25/3/2022). Dok. PT PLN (Persero) Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) tipe ultra fast charging di Central Parkir ITDC Nusa Dua, Bali, Jumat (25/3/2022).

Di samping itu, pemerintah RI juga menjajaki kerja sama dengan Inggris pada bidang kesehatan, sebagaimana dikatakan Menteri Teknologi, Inovasi dan Ilmu Hayati Inggris Lord Kamall.

"Posisi Indonesia sebagai penyumbang populasi terbesar di ASEAN, sekitar 43 persen, sangat potensial menjadi hub bagi perusahaan sektor kesehatan Inggris untuk penetrasi pasar di kawasan tersebut," tutur Kamall.

Bahlil pun mengundang perusahaan Inggris untuk mengembangkan investasi sektor kesehatan seperti halnya industri alat kesehatan dan vaksin di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.