Sensasi Mengemudi GR Yaris di Jalanan Ibu Kota

Kompas.com - 14/02/2022, 18:40 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak hadir di Indonesia pada pertengahan tahun lalu, Toyota GR Yaris langsung mendapatkan banyak peminat. Terlebih, kendaraan tersebut hanya tersedia sebanyak 125 unit saja bagi konsumen terpilih.

Hal itu cukup wajar, mengingat mobil yang lahir dari ajang World Rally Championshop (WRC) terkait, dibuat hanya 25.000 unit di dunia. Maka, bagi pemilik, merupakan kebanggaan tersendiri telah memboyongnya.

Bagi yang penasaran, beruntung tim Redaksi Kompas.com mendapatkan kesempatan kedua dari PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk menjajal GR Yaris selama beberapa hari.

Baca juga: Bahas Eksterior Toyota Yaris GR Spesifikasi WRC

Toyota GR YarisKOMPAS.com/Ruly Toyota GR Yaris

Dalam pengujian ini, tim tidak hanya membawa mobil berarga Rp 850 juta tersebut di jalur bebas hambatan. Tapi juga digunakan di perkotaan yang mewakili rasa berkendara sehari-hari kebanyakan masyarakat Indonesia.

Lantas bagaimana rasanya?

Untuk diketahui, mobil racikan Toyota Gazoo Racing (TGR) ini sangat berbeda dengan Yaris konvensional yang sudah dipasarkan tanpa ada batasan kuota. Baik pada visual, interior, perfoma, sampai platform dan dimensinya.

Jadi urusan sensasi berkendara, jauh berbeda terlebih sudah dibenamkan atas platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

Itu bisa dirasakan langsung sesaat duduk di kursi pengemudinya. Buckle seat berbahan kombinasi antara kain dan kulit mobil langsung memeluk siapa saja yang duduk.

Baca juga: Kupas Interior Toyota Yaris GR Spesifikasi WRC

Toyota GR Yaris kalahkan catatan waktu Nissan GT-R Nismo di Sirkuit Tsukuba, JepangDok. Timeattack.co.jp Toyota GR Yaris kalahkan catatan waktu Nissan GT-R Nismo di Sirkuit Tsukuba, Jepang

Sehingga, tidak mudah goyang-goyang selama berkendara. Ditambah, stir kemudi mobil dapat diatur sedemikian rupa (tilt dan telescopic) serta dimensinya begitu pas digenggaman.

Sesaat pedal gas diinjak, mesin turbo tiga silinder 1.600 cc yang tersemat di balik kap mesin GR Yaris langsung memberikan respons agresif. Terasa bahwa daya 257 Tk dan torsi 360 Nm bisa dirasakan meski masih dalam putaran rendah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.