Mengapa Tikus Gemar Menggigit Kabel Kelistrikan Motor?

Kompas.com - 19/03/2022, 07:12 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— Bagi pemilik kendaraan roda dua atau sepeda motor, tikus kerap menjadi ancaman. Hewan pengerat ini punya kebiasaan menggigit kabel komponen kelistrikan motor.

Tentunya ini membuat pemilik kendaraan dilanda rasa  jengkel. Karena ulah hewan ini, jika dibiarkan motor kehilangan performanya.

Lambat laun, kabel-kabel yang penting di motor akan terancam putus. Alhasil, pemilik kendaraan harus menggelontorkan dana untuk perbaikan.

Baca juga: Awas, Rawan Tindak Kriminal saat Terjebak Macet di Jalan Raya

Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PB PDHI) Drh. Muhammad Munawaroh mengatakan jika ulah tikus yang menggigit kabel-kabel motor adalah bagian sifat alamiah dari hewan tersebut.

Tikus hewan pengerat yang gigi seri tumbuh terus sepanjang tahun. Giginya dapat tumbuh mencapai 10-12 cm per tahun,” katanya saat dihubungi oleh Kompas.com baru-baru ini.

Munawaroh menjelaskan, untuk mempertahankan agar gigi tetap tajam dan pendek, tikus akan mengerat atau menggigit benda apapun di sekitarnya, termasuk kabel. Kabel-kabel pada motor dipilih tikus sebagai objek untuk menyalurkan kebiasaan mengeratnya.

Kondisi kabel mobil yang putus karena digigit tikus. Kejadian ini sering terjadi lantaran tikus menjadikan ruang mesin mobil sebagai sarangnya.(Ari Purnomo)Ari Purnomo Kondisi kabel mobil yang putus karena digigit tikus. Kejadian ini sering terjadi lantaran tikus menjadikan ruang mesin mobil sebagai sarangnya.(Ari Purnomo)

Oleh karena itu, kabel kelistrikan pada motor bukanlah sebuah hal yang digemari oleh tikus, hanya saja sifat naluri alami tikus yang membuatnya memilih kabel motor.

Selama ada kesempatan untuk menggigit objek tersebut, tikus akan memanfaatkan keadaan yang ada tanpa melihat jenis benda yang akan di gigit.

Itu artinya, jika pemilik motor mengalami kejadian kabel-kabel kendaraanya di gigit tikus, maka pemilik tidak memberikan perlindungan ekstra bagi motor untuk menghalau serangan tikus.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Alur Penonton di Sirkuit Mandalika

“Jadi tikus ini suka menggigit semua benda. Bukan hanya kabel kelistrikan motor saja. Jika kebetulan hewan ini sembunyi di motor maka kabel yang menjadi sasaran,” ujar Munawaroh.

Karena performa motor menurun, maka saat menggunakan motor ini sangatlah berbahaya. Bahkan, jika kabel putus membuat motor tidak bisa berfungsi.Jika sudah seperti ini, membawa motor ke bengkel untuk mengganti kabel yang telah tikus gigit adalah cara terbaik.

Dengan begitu, berkendara menggunakan kendaraan roda dua ini lebih aman dengan menggunakan kabel-kabel yang baru tanpa bekas gigitan tikus.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.