Awas, Rawan Tindak Kriminal saat Terjebak Macet di Jalan Raya

Kompas.com - 18/03/2022, 17:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih banyak tindak kriminal yang menimpa pemilik kendaraan roda empat saat berhenti di jalan raya, karena macet ataupun menunggu lampu merah.

Mulai dari modus sepertiketok kaca mobil, hingga perampasan barang berharga yang dilakukan secara paksa.

Seperti yang terjadi baru-baru ini di Cilincing, Jakarta Utara. Seorang pencuri merampas ponsel dari seorang sopir truk yang tengah memainkan ponselnya saat terjebak macet di Jalan Cakung Cilincing, Rabu (16/3/2022).

Disitat dari Megapolitan.Kompas.com, Kapolsek Cilincing Robinson Manurung mengatakan, pelaku diduga mengincar para sopir truk yang bermain ponsel saat menunggu macet.

Baca juga: Marak Tindak Kriminal di Jalan Raya, Pengemudi Mobil Harus Hati-hati

Kemacetan di Jalan Yos Sudarso, Tanjung Priok, Jakarta Utara, imbas kecelakaan truk di Cilincing, Jumat (21/1/2022).Instagram/@jktinfo Kemacetan di Jalan Yos Sudarso, Tanjung Priok, Jakarta Utara, imbas kecelakaan truk di Cilincing, Jumat (21/1/2022).

"Si pelaku langsung datang dan rampas handphone dan kabur. Jadi sepertinya pelaku sudah mengintai pengemudi yang sedang megang HP di saat macet," ujar Robinson seperti dikutip Kompas.com, Kamis (17/3/2022).

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan, risiko bahaya saat sedang berkendara di jalan raya terbilang tinggi, sehingga pengemudi harus tetap waspada.

"Dalam kondisi berhenti bukan tempatnya istirahat, tetap pantau sekeliling untuk bersiap-siap menghindari bahaya," ujar Sony saat dihubungi Kompas.com, Jumat (18/3/2022).

Seringkali, pengemudi lengah terhadap potensi bahaya khususnya di saat keadaan lalu lintas yang macet, atau berhenti di persimpangan lampu merah.

Padahal, sudah banyak kejadian yang merugikan pengguna jalan akibat abai dan lengah terhadap keadaan saat harus berhenti karena macet atau menunggu lampu merah.

Baca juga: Pembangunan Sirkuit Internasional Bintan Formula 1 Resmi Dimulai

Suasana lalu lintas di ruas Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (17/5/2021). Pada hari pertama kerja usai libur Lebaran, lalu lintas Jakarta kembali padat.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Suasana lalu lintas di ruas Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (17/5/2021). Pada hari pertama kerja usai libur Lebaran, lalu lintas Jakarta kembali padat.

Sony menjelaskan, pengemudi ataupun penumpang kendaraan tidak melakukan aktivitas-aktivitas yang berpotensi untuk mengundang terjadinya tindak kejahatan.

"Tidak melakukan atau mempertontonkan aktivitas yang mengundang kejahatan, seperti bertelpon, SMS, buka-buka dompet atau tas, atau laptop. Sembunyikan barang-barang yang berharga," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.