Marquez Optimistis di Mandalika Bisa Lebih Baik

Kompas.com - 12/03/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Performa Marc Marquez pada seri pertama MotoGP 2022 di Sirkuit Losail, Qatar, tidak seperti biasanya. Marquez tidak terlihat begitu kompetitif.

Bahkan, pebalap Repsol Honda Team tersebut tidak berhasil bersaing untuk memperebutkan posisi terdepan. Marquez akhirnya finis di posisi kelima.

Baca juga: Marc Marquez Sebut Motor MotoGP Lebih Baik Tanpa Winglet

Musim ini, Honda juga menggunakan RC213V terbaru dengan ubahan yang diklaim cukup banyak. Marquez bahkan menyebutkan ubahannya sangat berbeda dari motor musim lalu.

Marc Marquez (Repsol Hond) saat mengikuti sesi latihan bebas keempat MotoGP Qatar 2022 di Sirkuit Losail, Qatar, Sabtu (5/3/2022).AFP/KARIM JAAFAR Marc Marquez (Repsol Hond) saat mengikuti sesi latihan bebas keempat MotoGP Qatar 2022 di Sirkuit Losail, Qatar, Sabtu (5/3/2022).

"Hampir seperti berganti pabrikan, ini sepenuhnya berbeda. Tapi, tanpa ragu, kami akan bekerja untuk beradaptasi. Ini adalah tantangan baru," ujar Marquez, dikutip dari Crash.net, Jumat (11/3/2022).

Marquez menambahkan, dirinya tidak mengalami masalah fisik saat balapan di Qatar, tidak ada bagian tubuhnya yang kesakitan. Menurutnya, hanya empat pebalap di depannya yang memang lebih cepat.

Baca juga: Penggemar Marc Marquez Punya Grandstand Khusus di Sirkuit Mandalika

Untuk balapan di Qatar, Marquez mengaku, dirinya tidak melakukan banyak ubahan pada motornya. Dia hanya berkonsentrasi pada racing line dan ban. Sementara untuk di Pertamina Mandalika International Street Circuit nanti, dia akan terus melanjutkan proses adaptasi motor dengan gaya balapnya.

Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez bersiap menuju lintasan pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/pras.ANDIKA WAHYU Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez bersiap menuju lintasan pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/pras.

Bagian yang menjadi masalah baginya di Qatar adalah bagian depan motor. Maka itu, dia tidak menggunakan sayap yang sama dengan rekan setimnya, Pol Espargaro, untuk meningkatkan aerodinamika.

"Saya sangat memaksa bagian depan. Jika saya menggunakan itu, saya akan memaksanya lebih keras lagi. Tapi, ini tidak membuat perbedaan. Kami harus mencari perbedaannya untuk bisa lebih memahami bagian depan motor," kata Marquez.

"Mandalika akan lebih baik, lebih baik dari segi hasil saya tidak tahu. Tapi, akan lebih mudah untuk memahami beberapa hal, karena Anda bisa bekerja pada sesi pagi dan siang hari," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.