Marc Marquez Sebut Motor MotoGP Lebih Baik Tanpa Winglet

Kompas.com - 05/03/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan adanya regulasi penyeragaman Electronic Control Unit (ECU), motor balap MotoGP tidak bisa banyak diutak-utik dari segi elektronik. Sehingga, pabrikan harus mencari cara lain untuk memaksimalkan performa motor.

Akhirnya, Ducati menemukan cara untuk meminimalkan risiko motor mengalami wheelie saat berakselerasi, yakni menggunakan winglet. Dengan adanya perangkat aerodinamika ini, ban jadi memiliki traksi yang lebih baik.

Baca juga: Penggemar Marc Marquez Punya Grandstand Khusus di Sirkuit Mandalika

Sempat menjadi pro dan kontra, tapi pada akhirnya semua pabrikan mengembangkannya dan menggunakannya pada motor masing-masing. Sebab, efeknya memang terbukti lebih baik dibandingkan tanpa winglet.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Qatar 2022. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)KARIM JAAFAR Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Qatar 2022. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

Namun, ada juga pebalap yang lebih menginginkan motor MotoGP tanpa winglet, salah satunya adalah Marc Marquez. Menurutnya, winglet membuat motor lain menjadi sulit untuk menyalip.

"Ketika saya datang tanpa winglet, sejujurnya, untuk pertunjukkan itu lebih baik. Lebih mudah untuk menyalip, Anda bisa merasakan slipstream," ujar Marquez, dikutip dari Crash.net, Jumat (4/3/2022).

Baca juga: Curhat Marc Marquez Hadapi Seri Perdana MotoGP Qatar

Marquez menambahkan, sekarang ini ketika berada di belakang pebalap lain, motor akan bergoyang secara tidak wajar. Tapi, tanpa winglet akan lebih sulit mengendarai motor, lebih mudah melakukan kesalahan.

Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).

Ketika awal-awal winglet digunakan oleh Ducati, pebalap lain yang menjadi rival sudah menyebutkan bahwa berada di belakangnya seperti mengalami turbulensi.

"Sekarang lebih mudah untuk dikendarai dan lebih sulit untuk melakukan kesalahan, Anda harus mengendarainya dengan halus, tapi untuk mengikuti seseorang akan lebih sulit," kata Marquez.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.