Jokowi Targetkan 15.000 Kendaraan Per Bulan Diekspor via Patimban

Kompas.com - 09/03/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis kegiatan eksor mobil CBU via Car Terminal Pelabuhan Patimban, Jawa Barat, bakal terus mengalami peningkatan ke depannya.

Hal tersebut disampaikan ketika melakukan peninjauan aktivitas ekspor kendaraan produksi Indonesia ke Filipina menggunakan Kapala Trans Harmony 2 Panama.

"Sebelumnya direncanakan tahun ini bisa ekspor kurang lebih 160.000 kendaraan per tahun. Tetapi, melihat progress tiga bulan ini, bisa naik menjadi 180.000 kendaraan per tahun," ucap Jokowi dalam keterangan resmi Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Selasa (8/3/2022).

Jokowi mengatakan, ke depannya akan ada penambahan jumlah tujuan negara ekspor kendaraan dari Pelabuhan Patimban. Untuk saat ini ke Filipina, Brunai Darrusalam, Jepang, dan Vietnam hanya sebagai langkah awal.

Baca juga: Ada Pelabuhan Patimban, Target Ekspor Toyota Tahun Ini Naik 51 Persen

Ekspor Toyota dari Pelabuhan Patimban, Jawa BaratKOMPAS.com/Ruly Ekspor Toyota dari Pelabuhan Patimban, Jawa Barat

"Nantinya akan dikembangkan ke negara-negara lain sehingga dalam satu bulan ditargetkan bisa mencapai 15.000 kendaaraan yang diekspor dari Pelabuhan Patimban. Ini artinya industri kita terus bergerak meskipun di tengah pandemi," kata Jokowi.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, keberadaan Pelabuhan Patimban akan berkolaborasi dengan Pelabuhan Priok menjadi Hub baru yang lebih besar.

Budi menjelaskan, pada 2027, Pelabuhan Patimban ditargetkan akan memiliki kapasitas yang sama dengan Priok, yaitu sekitar 7,5 Juta TEUs peti kemas atau kontainer dan 600.000 kendaraan per tahun.

"Visinya adalah bagaimana kita membuat suatu titik baru kegiatan ekspor selain di Priok yang memiliki masalah kemacetan. Dengan makin banyaknya kegiatan ekspor, maka diharapkan terjadi pertumbuhan ekonomi," kata Budi.

Pemerintah berupaya meningkatkan daya saing bangsa melalui pembanguan infrastruktur transportasi. Selain membangun Pelabuhan Patimban, juga akan ada Balai Uji Kendaraan Bermotor atau Proving Ground di Bekasi.

Baca juga: Adu Visual Avanza TSS dan Xenia ASA, Siapa Lebih Menarik?

Dengan demikian, diharapkan kendaraan-kendaraan yang dibuat di Indonesia yang akan diekspor ke luar negeri bisa langsung dilakukan pengujian di Indonesia.

Presiden Joko Widodo saat meninjau proses ekspor mobil ke sejumlah negara lewat Pelabuhan Patimban, Jawa Barat, Selasa (8/3/2022).dok. Agus Suparto Presiden Joko Widodo saat meninjau proses ekspor mobil ke sejumlah negara lewat Pelabuhan Patimban, Jawa Barat, Selasa (8/3/2022).

Budi mengatakan, Indonesia memiliki potensi kemampuan industri manufaktur dan pasar domestik yang kuat yang dapat menjadi daya tarik bagi para investor.

"Jadi pelabuhan kita siapkan, pendukung industri kendaraannya juga disiapkan. Insya Allah 2027 kita leading di Asia Tenggara," ujar Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.