Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Performa All New BR-V, Veloz, dan Xpander

Kompas.com - 03/03/2022, 10:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah membahas eksterior dan interior, redaksi juga mencoba sedikit membandingkan performa usai melakukan road trip singkat bersama All New Veloz, All New BR-V, dan New Xpander Sport CVT.

Dari hasil menempuh perjalanan sekitar 100 km, melewati beragam rute, mulai perkotaan, jalan tol, tanjakan, sampai medan non-aspal di wilayah Bogor, Jawa Barat, ternyata ketiga mobil tersebut memberi pengalaman berkendara yang cukup berbeda.

Khususnya, pada BR-V yang bermain di segmen low sport utility vehicle (LSUV) walau masih sama-sama mengusung konfigurasi tiga baris serta harga yang tak terpaut jauh.

Baca juga: Hitung Biaya Perawatan Veloz, BR-V dan Xpander Selama 5 Tahun, Siapa Termurah?

All New Honda BR-VKOMPAS.com/Adityo All New Honda BR-V

Nah, berikut pembahasan langsung mengenai performa masing-masing produk baru terkait, termasuk juga sisi kekurangannya.

All New BR-V Prestige with Honda Sensing

Berangkat langsung dari pengembangan konsep N7X sebagai SUV baru Honda dan penyematan platform khusus, BR-V terbaru menyajikan aspek menarik tidak terkecuali rasa berkendaranya.

Apalagi pada varian tertinggi, sudah ada perangkat keselamatan Honda Sensing yang biasa digunakan pada produk menengah ke atas pabrikan asal Jepang tersebut.

Saat pertama kali menduduki kursi pengemudi, kesan yang dirasa ialah posisinya yang pas untuk postur tubuh warga Indonesia meski pengaturan stir kemudi hanya bisa ke bawah dan ke atas (tilt) saja.

Baca juga: Desain Eksterior Veloz, BR-V dan Xpander, Siapa yang Lebih Gagah?

All New Honda BR-Vdok.HPM All New Honda BR-V

Jok pada mobil pun cukup menarik karena berlapis kulit serta bermodel bucket seat. Sehingga menambah kesan mewah meski harganya belum sampai menyentuh Rp 400 juta.

Kemudian visibilitas depan, samping, dan belakang yang dihadirkan pilar terbilang lapang, sehingga mengurangi blindspot saat berkendara. Tetapi sayang, mobil belum dilengkapi kamera 360.

Setelah itu, tanpa berlama-lama kami langsung menginjak pedal gas BR-V baru ini. Ternyata, mesin 1.5 liter i-VTEC DOHC di balik bonnetnya begitu responsif walau masih sedikit terasa bising saat berada di putaran bawah-menengah.

Terlebih, sistem transmisinya menggunakan CVT 6-speed sehingga saat pergantian gigi begitu halus. Tidak terasa hentakan khas SUV atau mobil adventure pada umumnya.

Akselerasi dan torsi juga dirasa sangat mantap, benar-benar kemampuan mesin yang mampu menghembus tenaga sebesar 121 PS dan torsi puncak 145 Nm sangat terasa. Tapi sayang, mobil belum ada overspeed-nya.

Sehingga saat mobil dipaksa untuk berada di putaran tinggi (kick down), tarikan mesin terasa sedikit berat yang membuat laju BR-V terkesan tak sesigap atau responsif pada putaran bawah.

Baca juga: Seberapa Irit Konsumsi BBM All New BR-V, Veloz, dan Xpander?

Toyota VelozKompas.com/AdityoWisnu Toyota Veloz

All New Veloz CVT TSS

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com