Operasi Keselamatan Jaya 2022, Ini Pelanggaran yang Kena Tilang

Kompas.com - 02/03/2022, 16:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya mulai menggelar Operasi Keselamatan Jaya 2022 selama 14 hari mulai Selasa, 1 Maret 2022.

Terdapat tujuh pelanggaran lalu lintas yang menjadi prioritas penindakan, tapi kepolisian setempat tidak akan melakukan tindakan langsung karena operasi mengedepankan persuasif humanis dalam pelaksanaannya.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Komarudin mengatakan dengan Operasi Keselamatan Jaya diharapkan perilaku masyarakat dalam berlalu lintas semakin baik.

Baca juga: Tindak Over Speed dan ODOL, Ini Lokasi Tilang Elektronik di Jalan Tol

Wakasat Lantas Jakarta Timur Kompol Bustanuddin, meminpin operasi keselamatan jaya 2018 di kawasan UKI, Jumat (9/3/2018)Stanly Ravel Wakasat Lantas Jakarta Timur Kompol Bustanuddin, meminpin operasi keselamatan jaya 2018 di kawasan UKI, Jumat (9/3/2018)

"Operasi kali ini akan lebih mengedepankan sosialisasi dan imbauan, lalu tindakan preventif melalui penggelaran kekuatan menghadirkan anggota di lapangan," katanya, Selasa (1/3/2022).

Hal serupa juga dikatakan Kepala Biro Operasional Polda Metro Kombes Marsudianto, dimana personel kepolisian tidak memberikan sanksi selama melaksanakan Operasi Keselamatan Jaya 2022.

Sebab kegiatannya lebih banyak kepada memasitkan terjalannya protokol kesehatan di tengah masyarakat. Sembari, menjaga agar lalu lintas kerap terjaga kondusif dengan pengendara mematuhi aturan.

Baca juga: Cara dan Biaya Perpanjangan SIM A dan C Secara Online

Namun, apabila ada pengendara yang melakukan tindakan nekat dan punya potensi membahayakan keselamatan masyarakat, petugas tetap akan melakukan penindakkan tilang.

"Di antaranya (melanggar) rambu lalu lintas, tidak menggunakan helm, melawan arus, dan penggunaan safety belt," kata Komarudin.

"Mungkin untuk yang membahayakan saja bagi keselamatan masyarakat, itu yang akan dilakukan penindakan," ujar Marsudianto dalam kesempatan terpisah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.