Ini Kendaraan Listrik yang Banyak Dipilih Konsumen, Ada Merek Lokal

Kompas.com - 02/03/2022, 18:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Penjualan mobil dan motor listrik di Indonesia mulai meningkat, sejalan dengan komitmen pemerintah Indonesia untuk mencapai Net Zero Emission pada 2060. Di antara sekian merek kendaraan listrik, rupanya ada beberapa yang telah menjadi favorit konsumen saat ini.

Meskipun masih didominasi produk luar negeri, merek-merek lokal rupanya tak kalah menarik perhatian pembeli.

Berdasarkan survei “Indonesian Modern Consumption” yang membahas seputar perilaku konsumen Indonesia di era modern, termasuk dalam hal penggunaan kendaraan listrik.

Saat ini, hanya 13 persen responden yang memiliki motor listrik dengan mayoritas brand yang dibeli adalah United Motor (34 persen), Viar (30 persen), dan GESITS (20 persen), yang notabene merupakan merek lokal semua.

Baca juga: Bus Menyalip Sembarangan Senggol Mobilio di Tol

Komparasi motor listrik, Viar Q1, ECGO-2 dan Elvindo Rama KOMPAS.com/Gilang Komparasi motor listrik, Viar Q1, ECGO-2 dan Elvindo Rama

Sementara untuk kategori mobil listrik, hanya 2 persen responden yang memiliki mobil listrik dengan mayoritas brand yang dimiliki adalah Tesla (21 persen), Hyundai (18 persen), dan BMW (17 persen).

“Meskipun saat ini hanya ada sebagian kecil masyarakat Indonesia yang memiliki kendaraan listrik, survei kami menunjukkan bahwa tren ini akan terus meningkat dalam beberapa tahun ke depan,” ujar Timothy Astandu, Chief Executive Officer Populix, dalam keterangan tertulis (2/3/2022).

“Lebih dari setengah responden tengah mempertimbangkan untuk membeli kendaraan listrik, bahkan sepertiga responden sudah berencana untuk membeli kendaraan listrik dalam lima tahun ke depan,” kata dia.

Baca juga: Biaya Resmi Bikin SIM A dan SIM C per Maret 2022

First Impression Tesla Model 3KOMPAS.com/DIO DANANJAYA First Impression Tesla Model 3

Selain itu, survei yang dilakukan oleh Populix ini juga mengungkap bahwa terdapat 29 persen responden yang sudah berencana untuk membeli motor listrik, dan 31 persen responden yang sudah berencana membeli mobil listrik dalam lima tahun ke depan.

United Motor, Viar, dan GESITS merupakan merek motor listrik yang tetap menarik perhatian calon konsumen. Adapun Tesla, Hyundai dan Toyota menjadi mobil listrik pilihan utama para calon konsumen.

Beberapa alasan yang mendorong responden dalam membeli dan mempertimbangkan kendaraan listrik adalah produk yang lebih ramah lingkungan, hemat biaya perawatan, dan memiliki zero emission.

Baca juga: ETLE Mulai Berlaku di Jalan Tol, Pelanggar Belum Ditindak

Gesits ikut memeriahkan pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021KOMPAS.com/Gilang Gesits ikut memeriahkan pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021

Ke depannya, responden juga meyakini bahwa kendaraan listrik akan semakin ramah lingkungan, menjadi kendaraan masa depan, dan dapat mengurangi permintaan terhadap bahan bakar minyak.

Untuk diketahui, Survei “Indonesian Modern Consumption” dilakukan terhadap 1.002 responden, yang terdiri dari 523 responden laki-laki dan 479 responden perempuan berusia 18-55 tahun pada tanggal 3-9 Januari 2022 di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.