Hitung Biaya Perawatan Veloz, BR-V dan Xpander Selama 5 Tahun, Siapa Termurah?

Kompas.com - 01/03/2022, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu tim redaksi berkesempatan untuk menguji All New Toyota Veloz, All New Honda BR-V dan Mitsubishi Xpander secara bersama-sama.

Momen itu pun menjadi ajang bagi redaksi untuk mengulik plus-minus dari segala sektor, tak terkecuali menyoal biaya perawatan atau kepemilikan.

Pasalnya, cost of ownership merupakan salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli kendaraan bermotor, khususnya mobil.

Sebab, itungan tersebut akan menjadi biaya wajib yang harus dikeluarkan setiap periode agar kendaraan selalu dalam kondisi optimal saat ingin digunakan sambil menjaga asuransi pabrikan.

Maka dari itu, tim redaksi sudah menyiapkan biaya besaran servis berkala ketiga mobil tersebut, dengan patokkan penggunaan 100.000 km atau 4-5 tahun. Berikut hitungannya.

All New Toyota Veloz

Dari data yang redaksi dapatkan, konsumen Toyota Veloz akan mendapat gratis biaya jasa dan servis hingga 50.000 kilometer.

Secara total, saat MID menunjukkan jarak tempuh mobil sampai 100.000 km biaya yang harus dikeluarkan untuk Toyota Veloz tipe tertinggi dengan transmisi matik seperti yang diuji oleh redaksi adalah Rp 8.413.700.

Sayangnya, tak ada informasi detail soal suku cadang apa saja yang diganti. Namun yang pasti, untuk perawatan berkalanya didominasi part fast moving, seperti oli mesin, filter udara dan sebagainya, juga meliputi penggantian part slow moving.

Perawatan selanjutnya, pada servis berkala keenam atau 60.000 km, ongkos yang harus disiapkan Rp 1.305.000, dan turun pada perawatan 70.000 km, yakni Rp 1.165.700.

Toyota VelozKompas.com/AdityoWisnu Toyota Veloz

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.