Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Eksterior Veloz, BR-V dan Xpander, Siapa yang Lebih Gagah?

Kompas.com - 01/03/2022, 16:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak diluncurkan All New Toyota Veloz, Honda All New BR-V dan Mitsubishi Xpander cukup menjadi yang paling sering diperbincangkan oleh pecinta otomotif.

Meski secara kelas, BR-V bermain di segmen low sport utility vehicle (LSUV), sementara Veloz dan Xpander berada di kelas LMPV. Namun ketiganya sama-sama mengusung konfigurasi tiga baris. Bahkan rentang harga ketiga mobil tersebut juga tak terpaut jauh.

Jadi tak ada salahnya jika kita membahas plus-minus ketiga mobil ini dari berbagai sektor.

Baca juga: Impresi Berkendara All New Toyota Veloz di Dalam dan Luar Kota

Beberapa waktu lalu tim redaksi berkesempatan untuk menguji ketiga mobil tersebut secara bersama-sama. Perhatian langsung tertuju pada bagian eksterior untuk mengulik masing-masing desain yang ditawarkan.

Toyota VelozKompas.com/AdityoWisnu Toyota Veloz

Mari kita mulai dengan Toyota Veloz. Mengulas tampilan eksteriornya, Veloz terbaru hadir dengan pembaruan menyeluruh yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Mobil ini sudah menggunakan platform terbaru, dengan penggerak roda depan dan pilihan transmisi CVT menggantikan model konvensional.

Dari segi ukuran dan dimensi, Veloz memiliki dimensi yang lebih besar dari versi sebelumnya, yakni panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.700 mm. Dan yang cukup menarik perhatian adalah jarak ground clearance-nya mencapai 205 mm.

Pada bagian depan Veloz kini makin terlihat gagah dan lebih maskulin yang dilengkapi dengan headlamp LED headlamp, lampu sein dan fog lamp terbaru.

Utamanya berkat grill bermotif jaring-jaring dengan bentuk trapezium. Tak sedikit yang menyamakan desain muka Veloz dengan Corolla Cross, karena sekilas desainnya memang terlihat mirip.

Sementara pada bagian samping terlihat lekukan-lekukan yang semakin membuat All New Veloz terasa berbeda dengan generasi sebelumnya.

Pada sektor spion, All New Veloz sudah menggunakan spion auto retractable juga new foot lamp pada varian tipe Q. Sementara untuk sektor kaki-kaki menggunakan profil ban 205/50 R17.

Adapun pada bagian buritan terlihat semakin mewah dan sporty berkat rear bumper dan rear combination lamp yang dibuat memanjang, yang dilengkapi dengan emblem Veloz bernuansa chrome.

All New Honda BR-VKOMPAS.com/Ruly All New Honda BR-V

Selanjutnya All New Honda BR-V. Mobil ini juga telah mendapatkan perubahan dari signifikan dari generasi sebelumnya.

Menggunakan platform baru hasil pengembangan N7X Concept, seketika karakter BR-V langsung berubah menjadi lebih kekar dan dinamis, sesuai dengan jenis atau segmennya yaitu LSUV.

Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.666 mm dengan ground clearance 201 mm.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com