Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Irit Konsumsi BBM All New BR-V, Veloz, dan Xpander?

Kompas.com - 02/03/2022, 12:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain merasakan kenyamanan serta performa, redaksi juga sedikit membandingkan konsumsi bahan bakar setelah melakukan road trip singkat bersama dengan All New Veloz, All New BR-V, dan New Xpander Sport CVT.

Dari hasil perjalanan sejauh lebih dari 100 km, melewati beragam rute, mulai perkotaan, jalan tol, tanjakan, sampai medan non-aspal di wilayah Bogor, Jawa Barat, ternyata ketiga mobil tersebut memiliki hasil yang berbeda.

Sebelum melakukan perjalanan, indikator bahan bakar pada Multi Information Display (MID) dari ketiga mobil yang terdiri dua LMPV dan satu LSUV tersebut sudah lebih dulu di-set ulang usai melakukan pengisian bahan bakar.

Baca juga: Desain Eksterior Veloz, BR-V dan Xpander, Siapa yang Lebih Gagah?

All New Honda BR-VKOMPAS.com/Adityo All New Honda BR-V

Meski berbeda genre, tapi soal dapur pacu, ketiganya sama-sama dibekali dengan mesin berkapastias 1.500 cc, penggerak roda depan, dan mengusung transmisi CVT. Namun tentunya soal output tenaga dan torsi berbeda-beda.

Berdasarkan data, Veloz memiliki tenaga 106 Ps atau 104,5 tk dan torsi 136 Nm, sementara Xpander Sport CVT 105 Ps atau 103,5 tk dan torsi 141 Nm.

Untuk Honda BR-V, tenaganya sebesar 106 Ps atau setara 104.5 tk, namun memiliki torsi yang lebih besar dari LMPV, yakni 145 Nm.

Selama perjalanan, rata-rata gaya berkendara cenderung kombonasi antara normal dan agresif, tergantung dari kondisi lalu lintas serta rute yang dilalui.

Toyota VelozKompas.com/AdityoWisnu Toyota Veloz

Pendingin udara alias AC tetap diaktifkan, termasuk pada baris kedua meskipun dalam perjalanan hanya diisi dua orang penumpang.

Berdasarkan MID, rata-rata konsumsi BBM untuk All New Veloz dengan jarak tempuh hampir 105 Km dan kecepatan 34 kpj mendapat hasil 12,9 kpl, untuk Xpander Sport CVT 14,7 kpl dengan kecepatan 26 kpj, dan terakhir 12,5 kpl dengan kecepatan 24 kpj untuk All New BR-V.

Baca juga: Desain Eksterior Veloz, BR-V dan Xpander, Siapa yang Lebih Gagah?


Untuk pengujian pemakaian sehari-hari di dalam kota, Xpander Sport CVT mendapat hasil yang tak jauh berbeda, yaitu 14,3 kpl. Untuk Veloz 12,6 kpl, dan All New BR-V menyentuh 11,7 kpl.

Tentunya soal konsumsi bahan bakar tidak bisa menjadi patokan yang mutlak, mengingat ada banyak faktor yang mempengaruhi.

Mulai dari kondisi mobil, jenis BBM yang digunakan, kondisi jalan atau rute, bobot kendaraan, sampai yang tak kalah berperan penting adalah gaya berkendara.

Mitsubishi New Xpander Sport CVTKOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi New Xpander Sport CVT

Seperti diketahui, ketiganya memiliki bobot yang berbeda, termasuk dari teknologi serta fitur yang disematkan. Pada intinya, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, tinggal balik lagi ke soal selera, kebutuhan, serta dana yang dimiliki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com