Tindak Over Speed dan ODOL, Ini Lokasi Tilang Elektronik di Jalan Tol

Kompas.com - 02/03/2022, 14:41 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com – Kepolisian dan Jasa Marga berkolaborasi untuk menerapkan tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) di jalan tol.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan bahwa, kolaborasi ini akan sangat membantu kinerja Kepolisian dalam menegakkan hukum terhadap pelanggaran yang kerap terjadi di jalan tol.

“Melalui penegakan hukum berbasis IT, maka tidak ada interaksi antara petugas dan pengemudi pelanggar,” ujar Aan, dalam keterangan tertulis (1/3/2022).

Baca juga: Biaya Resmi Bikin SIM A dan SIM C per Maret 2022

Ilustrasi truk ODOL di jalan tolJASA MARGA Ilustrasi truk ODOL di jalan tol

“Sehingga hal ini diharapkan dapat menghindari konflik antara pengemudi dengan petugas Kepolisian,” kata dia.

Sementara itu, Kasubdit Dagar Korlantas Polri Kombes Pol I Made Agus Prasetya, mengatakan, tilang elektronik berlaku buat kendaraan yang over speed dan ODOL (over dimension dan over load) dengan menggunakan WIM (Weigh in Motion).

"Untuk yang sifatnya penegakan hukum kita lakukan selektif kita akan betul-betul menilai terhadap yang over dimensi dan overload yang memiliki potensi kecelakaan lalu lintas sangat fatal," ucap Made, dalam konferensi virtual belum lama ini.

Baca juga: Bus Menyalip Sembarangan Senggol Mobilio di Tol

Petugas TMC Polres Blitar Kota mengawasi layar monitor yang terhubung pada kamera pengawas di tiga titik penerapan ETLE di Kota Blitar, Senin (27/12/2021)KOMPAS.COM/ASIP HASANI Petugas TMC Polres Blitar Kota mengawasi layar monitor yang terhubung pada kamera pengawas di tiga titik penerapan ETLE di Kota Blitar, Senin (27/12/2021)

Penerapan ETLE di jalan tol ini dilakukan untuk mendukung penindakan kendaraan yang melakukan pelanggaran Over Speed dan Over Load, dengan menggunakan WIM (Weigh in Motion).

Made juga mengatakan, selama 30 hari dimulai dari tanggal 1 Maret 2022, pihaknya bakal melakukan sosialisasi.

Jika ada pelanggaran akan terkirim surat konfirmasi teguran kepada alamat pemilik kendaraan. Namun setelah masa sosialisasi tentu akan dilaksanakan penindakan ETLE.

Baca juga: Hitung Biaya Perawatan Veloz, BR-V dan Xpander Selama 5 Tahun, Siapa Termurah?

Ilistrasi jembatan timbang truk ODOLJASA MARGA Ilistrasi jembatan timbang truk ODOL

"Kami bersama Jasa Marga meramu hingga sempurna skema teknis terkait ETLE Nasional PRESISI di Jalan Tol, agar setiap pengguna Jalan Tol dapat terpantau kamera tilang elektronik atau ETLE," kata Made.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.