Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Puncak Macet Parah, Bogor-Jakarta Ditempuh 17 Jam

Kompas.com - 28/02/2022, 14:16 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Kemacetan terjadi di Jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat pada musim libur panjang 27-28 Februari 2022. Kendaraan mengular di jalur penghubung wilayah Cianjur tersebut.

Pada Minggu (27/2/2022) malam, kemacetan terjadi di sejumlah titik di kawasan tersebut, mulai dari wilayah Cisarua sampai Megamendung Gunung Mas, atau dari Kebun Teh menuju Taman Safari.

Dilansir dari Kompas Regional, Senin (28/2/2022), Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin menuturkan bahwa faktor utama penyebab kemacetan dapat terjadi disebabkan peningkatan jumlah kendaraan akibat libur panjang, ditambah jalur yang relatif sempit untuk menampung seluruh kendaraan yang melintas.

Baca juga: Jalur Puncak Macet Parah, Polisi Terapkan Sistem One Way

@carmelia_basalamah 17 jam Bogor Jakarta

Selain itu, terdapat juga kendaraan mogok di jalur yang sempit sehingga kemacetan lalu lintas semakin parah.

"Kebetulan mungkin karena libur panjang ya, terus volume kendaraan roda dua dan empat meningkat dan tadi siang (Minggu) sekitar jam 2 ada mobil mogok di enam titik yang berbeda, jadi terjadi penyempitan;" ucap Iman.

"Jalur ke atas ini kan ada dua lajur, nah karena yang mobil mogok itu memakan sebagian lajur ke arah atas sehingga ada kendaraan yang melambung untuk melewati mobil mogok itu," kata ia melanjutkan.

Baca juga: Pengemudi Pemula, Begini Cara Benar Saat Masuk Jalan Tol

Kondisi arus lalu lintas di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Senin (28/2/2022).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Kondisi arus lalu lintas di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Senin (28/2/2022).

Di samping itu, Iman juga menjelaskan bahwa kepadatan lalu lintas terjadi karena wisatawan yang mengendarai sepeda motor banyak berhenti di bahu jalan sehingga menghambat arus pergerakan kendaraan.

"(Motor membludak) Iya itu juga karena memang lumayan banyak. Dan kebetulan dekat ke arah mobil mogok itu, sehingga penyempitan tak terhindarkan dan membuat kemacetan yang cukup lama," ucapnya.

Pihak kepolisian lantas mengambil kebijakan sistem one way atau satu arah secara situasional di jalur tersebut. Pada Senin ini, sistem satu arah diterapkan untuk jalur menuju arah Jakarta.

Kendaraan roda empat yang akan menuju Puncak tidak diperbolehkan lewat di jalur tersebut hingga sistem satu arah selesai.

Cerita soal macetnya jalur Puncak banyak dibagikan oleh netizen di media sosial. Bahkan ada yang bercerita dari Puncak menuju Jakarta harus memakan waktu sampai 17 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com