Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengurangi Risiko Rem Blong pada Sepeda Motor

Kompas.com - 22/02/2022, 10:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian gagal fungsi sistem pengereman atau rem blong bukan hanya terjadi pada kendaraan roda empat atau lebih. Bahkan bisa dialami oleh pengguna sepeda motor.

Pada beberapa kasus, kejadian ini sering kali dialami pengendara skuter matik (skutik) saat melaju di jalanan menurun.

Baca juga: Agar Tidak Kena Pajak Progresif, Begini Cara dan Syarat Blokir STNK

Saat melaju di jalan menurun, pengendara sepeda motor matik biasanya menggunakan rem secara berlebihan akibat tidak adanya engine brake untuk menghambat laju kendaraan pada saat jalan menurun.

Akibatnya, sistem pengereman mengalami pemuaian sehingga tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Kejadian rem blong memang tidak bisa diprediksi, tetapi jika mengalami hal tersebut, sebaiknya tidak langsung panik.

Video pengendara skutik alami rem blonginstagram.com/achmad_subechi Video pengendara skutik alami rem blong

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan bahwa rem blong menjadi momok bagi para pengendara motor.

Agus menyarankan kepada pengendara sepeda motor agar sebelum melakukan perjalanan terutama perjalanan jauh untuk melakukan pengecekan kondisi kendaraan.

Baca juga: Hari Ini Terakhir, Dispensasi Perpanjangan SIM Khusus PPKM Level 3

Hal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa sepeda motor yang akan dikendarai dalam kondisi yang layak jalan dan tidak membahayakan.

"Sebelum mulai berkendara haruslah membiasakan selalu mengecek motor, di antaranya yaitu rem depan dan belakang agar kendaraan yang kita gunakan lebih aman," kata Agus kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Pada saat pengendara sepeda motor mengalami kejadina rem blong, Agus mengatakan ada beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh pengendara.

mengerem empat jariKompas.com/Fathan Radityasani mengerem empat jari

Pertama yang perlu dilakukan yakni jangan panik. Jika mengalami kejadian rem gagal fungsi sebaiknya tidak langsung panik. Hal ini karena saat pengemudi langsung panik sehingga tidak bisa mencari solusi untuk meminimalisasi risiko yang bisa terjadi.

“Jika kita panik maka kita tidak akan bisa berpikir secara baik dan keputusan yang diambil justru bisa membahayakan diri kita sendiri,” ucap Agus.

Baca juga: Menggeser Tuas Transmisi Mobil Matik Jangan Sembarangan

Langkah berikutnya, yakni menutup gas dan menuju ke arah tanjakan. Pemilihan jalan yang naik ini ditujukan untuk mengurangi laju atau kecepatan kendaraan. Dengan begitu, sepeda motor akan berjalan lebih pelan dan bisa berhenti dengan sendirinya.

Kemudian langkah yang ketiga yakni membunyikan klakson sebagai tanda pengguna jalan lainnya. Jika situasi semakin tidak terkendali, usahakan untuk membunyikan klakson dan hindari tabrakan.

Namun, jika terpaksa harus menabrak agar motor berhenti maka carilah tempat yang tidak terlalu membahayakan seperti di rumput atau pasir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com