BrandzView
Konten ini merupakan kerjasama kompas.com dengan Astra International

Rayakan HUT Ke-65, Astra Gelar Acara Virtual dan Gerakan #SemangatSalingBantu Selama 2022

Kompas.com - 22/02/2022, 09:01 WIB

KOMPAS.com – Untuk memeringati hari ulang tahun (HUT) ke-65, PT Astra International Tbk akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan sepanjang tahun. Kegiatan dihadirkan dengan konsep virtual event, virtual movement, serta virtual exhibition yang menyuguhkan berbagai instalasi produk, inovasi, dan sustainability showcase dari Grup Astra.

Rangkaian acara tersebut diperuntukkan bagi masyarakat di seluruh Tanah Air. Tujuannya, untuk berbagi semangat positif dan optimisme serta mengajak masyarakat yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia untuk bergerak dan tumbuh bersama menghadapi era baru yang penuh tantangan.

“Sepanjang tahun ini juga akan dilangsungkan virtual movement bersama seluruh lapisan masyarakat dan serangkaian acara HUT ke-65 Astra dengan mengangkat tema yang beragam,” ujar Chief of Corporate Human Capital Development Astra Aloysius Budi Santoso seperti diberitakan Kompas.tv, Kamis (17/2/2022).

Baca juga: Astra Internasional Buka Lowongan Kerja, Simak Posisi dan Persyaratannya

Budi mengatakan bahwa rangkaian kegiatan HUT diawali acara pada 22-26 Februari 2022. Masyarakat dapat menyaksikannya melalui platform digital 65tahunastra.jagat.live.

Pada hari pertama, Selasa (22/2/2022), Astra mengadakan webinar bertajuk InnovNation yang mengusung tema “Transforming Innovation for Sustainability”. Acara ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya anak muda, untuk berinovasi dan berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan.

Webinar tersebut menghadirkan sejumlah pembicara, seperti Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Makarim, Co-Founder dan COO of Ruangguru Iman Usman, CEO dan CoFounder Kitabisa M Alfatih Timur, serta Co-Founder dan Chief Growth Officer Nafas Piotr Jakubowski.

Kemudian, Penggiat Lingkungan dan Aktivis Perlindungan Hewan Davina Veronica, Pendiri Kebun Kumara Soraya Cassandra, Human Capital and SHE Director PT Pamapersada Nusantara Ari Sutrisno, serta Marketing Planning and New Business Division Head PT Toyota Astra Motor Lina Agustina.

Berikutnya, pada Kamis dan Jumat (24-25/2/2022), Astra menyelenggarakan acara Experiential Learning. Pada acara ini, masyarakat diajak untuk belajar dan berpartisipasi secara aktif dalam menjawab tantangan di bidang lingkungan dan sosial. Hal ini sekaligus mendukung agenda pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Baca juga: Penjualan Mobil Grup Astra Naik 73,9 Persen Selama Januari-Agustus 2021

Sejumlah narasumber didapuk untuk memberikan materi dalam webinar tersebut. Mereka adalah Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto, Praktisi Kesehatan Holistik Reza Gunawan, CEO Waste4Change Mohamad Bijaksana Junerosano, CEO ngeLESin.com Anthonius, Relawan Eco Enzyme Nusantara Paul Iskandar, serta Astra Startup Community and CEO Desainggris.com Ade Suyitno.

Pada hari terakhir, Sabtu (26/2/2022), masyarakat dapat menyaksikan pengumuman pemenang Digital Innovation & Technology Competition Award. Mereka adalah generasi muda yang memiliki inovasi di bidang mobility dan sustainability.

Tak berhenti di situ, rangkaian acara peringatan HUT ke-65 Astra akan dilanjutkan pada Mei hingga November 2022 dengan mengusung tema hari besar dan nuansa khas daerah.

Agenda acara dimulai dengan tema Hari Pendidikan Nasional yang dibalut nuansa Jawa, Hari Lingkungan bernuansa Sumatera, serta Hari UMKM dan HUT ke-77 RI bernuansa Sulawesi.

Baca juga: Bisnis Otomotif Grup Astra Raih Pangsa Pasar 45 Persen

Kemudian, dilanjutkan dengan Hari Keselamatan Berlalu Lintas bernuansa Kalimantan dan rangkaian acara akan ditutup oleh Hari Kesehatan bernuansa Bali, Nusa Tenggara, dan Indonesia Bagian Timur.

Astra juga merangkul generasi muda dalam menjaga kelestarian lingkungan melalui web series berjudul Selalu Bersama yang akan diluncurkan pada Minggu (27/2/2022). Web series yang dibintangi Febby Rastanty, Teuku Rassya, Adinda Thomas, dan Rayi Putra ini berisikan pesan edukatif dalam menerapkan gaya hidup berkelanjutan demi masa depan bumi yang lebih baik.

Dalam mewujudkan tindakan nyata menjaga kelestarian bumi, Astra juga mengajak masyarakat berpartisipasi dalam gerakan #SemangatSalingBantu lewat unggahan media sosial.

Melalui kampanye tersebut, masyarakat dapat memberikan dampak positif untuk hari ini dan masa yang akan datang. Contohnya, menghemat air dan energi pada setiap aktivitas, memilah sampah, mengurangi pemakaian plastik sekali pakai, merawat tanaman, dan menerapkan pola hidup sehat.

Setiap satu unggahan pesan melalui tulisan, foto, atau video ke media sosial dengan tagar #SemangatSalingBantu akan dikonversikan oleh Astra menjadi satu paket bantuan yang akan dibagikan untuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. 

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.