Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kernet Truk Bukan Urusan Perusahaan, tapi Pilihan Pengemudi

Kompas.com - 21/02/2022, 16:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comTruk merupakan kendaraan niaga yang punya dimensi besar. Oleh karena itu, pengemudi biasanya membawa satu kernet untuk membantu truk ketika melakukan manuver di tempat-tempat sempit.

Namun kernet yang ada di setiap truk sebenarnya bukan rekrutan dari perusahaan logistik atau truk, melainkan pilihan dari pengemudinya. Bahkan, pengemudi juga bisa memilih untuk jalan sendirian tanpa kernet.

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DIY Bambang Widjanarko mengatakan, pengusaha truk hanya bermitra dengan pengemudinya.

Baca juga: Bahas Sistem Penggerak Truk dan Sesuai Kebutuhannya

Pengemudi truk kontainer menunggu giliran untuk melajukan kendaraanya di areaJakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (11/6/2021). KOMPAS.com/DJATI WALUYO Pengemudi truk kontainer menunggu giliran untuk melajukan kendaraanya di areaJakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (11/6/2021).

“Setelah terjadi kesepakatan bagi hasil antara pengusaha truk dengan pengemudi, hal lainnya menjadi otoritas pengemudi truk,” ucap Bambang kepada Kompas.com, Senin (21/2/2022).

Pengemudi bisa memilih untuk membawa atau mau jalan tanpa kernet. Mereka juga bisa mengajak anaknya atau bahkan Istrinya untuk menemani selama perjalanan, karena sudah menjadi hak si pengemudi.

“Saat ini kebanyakan pengemudi tidak menggunakan kernet, karena ongkos muat semakin mepet. Sehingga secara otomatis memengaruhi bagi hasilnya pengusaha truk dengan pengemudi truk,” kata Bambang.

Baca juga: Agar Tidak Kena Pajak Progresif, Begini Cara dan Syarat Blokir STNK

Mengingat untuk membayar kernet, pengemudi harus mengambil jatahnya dari uang bagi hasil dengan pengusaha truk. Sedangkan jika jalan sendiri, uang bagi hasil dengan pengusaha truk akan dinikmati sendiri oleh si pengemudi.

“Maka demi pengiritan saat ini sering kita jumpai pengemudi truk yang membawa istrinya untuk menemani sepanjang perjalanan. Istri bisa memasak, mencuci pakaian, memijit dan bahkan ikut mengawasi, menghitung barang yang dimuat atau dibongkar,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com