Ajang Formula E Jakarta Jadi Tempat Riset Ban Balap Mobil Listrik

Kompas.com - 20/02/2022, 15:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comMichelin merupakan pemasok ban tunggal untuk kejuaraan Formula E sejak 2014 hingga 2022. Ban yang digunakan pada musim pertama dan kedua di 2014 dan 2015 adalah Michelin Pilot Sport EV.

Namun mulai kejuaraan musim ketiga pada 2016, Michelin memperkenalkan seri Pilot Sport EV2 yang jauh lebih efisien ketimbang pendahulunya.

Ban ini merupakan yang pertama dengan ukuran 18 inci yang digunakan dalam kejuaraan dunia dengan kendaraan single-seater. Bahkan kejuaraan lainnya termasuk Formula 1 masih menggunakan ban 13 inci dan baru beralih ke 18 inci mulai tahun ini.

Baca juga: Modal Rp 5 Juta, Hyundai Ioniq 5 Sudah Bisa Dipesan

Spesifikasi Sirkuit Ancol untuk Formula E alias Jakarta E-PrixDok. FEO Spesifikasi Sirkuit Ancol untuk Formula E alias Jakarta E-Prix

Pada musim ini, sirkuit Baru Jakarta dan Seoul Menjadi Ajang Inkubator Bagi Pengembangan Teknologi Baru Sesi pertandingan Formula E musim ke delapan berikutnya akan diadakan di Roma (Italia) pada bulan April, lalu menyusul Monaco, dan Berlin (Jerman).

Jakarta dijadwalkan menjadi tuan rumah pada 4 Juni mendatang, sebelum seri berlanjut ke Vancouver (Kanada), New York (USA), London (UK) dan berakhir di Seoul (Korea Selatan) pada Agustus mendatang.

Mirko Pirrachio, Manager Program Formula E Michelin, mengatakan, tim Michelin Formula E bersiap untuk melihat langsung dan mengunjungi lokasi sirkuit balapan di Jakarta.

Baca juga: Diduga Toyota Innova Hybrid, Tepergok Kamera Lagi Tes Jalan

Michelin riset ban balap mobil listrik di Formula E JakartaDok. Michelin Michelin riset ban balap mobil listrik di Formula E Jakarta

“Jakarta dan Seoul baru pertama kali dan belum terbiasa menyelenggarakan balapan pada level ini, terutama lokasinya di tengah kota,” ujar Pirrachio, dalam keterangan tertulis (20/2/2022).

“Jadi ini akan menjadi balapan yang sangat menarik di sana. Apalagi dengan cuaca yang diperkirakan akan sangat panas yang tentu saja bukan hal baru bagi ban Pilot Sport EV,” kata dia.

Seperti diketahui, seri pembuka Kejuaraan Dunia ABB FIA Formula E 2022 telah dimulai pada akhir Januari lalu di Ad Diriyah (Saudi Arabia), disusul seri kedua yang berlangsung akhir pekan lalu di Mexico City (Meksiko).

Baca juga: Marak Tindak Kriminal di Jalan Raya, Pengemudi Mobil Harus Hati-hati

2016/2017 FIA Formula E Championship in Monte-Carlo, Monaco, Saturday (13/5/2017). Sebastien Buemi (SUI), Renault e.Dams, Spark-Renault, Renault Z.E 16. 
Sam Bloxham/LAT/Formula E 2016/2017 FIA Formula E Championship in Monte-Carlo, Monaco, Saturday (13/5/2017). Sebastien Buemi (SUI), Renault e.Dams, Spark-Renault, Renault Z.E 16.

Michelin menyatakan format kualifikasi baru diadopsi pada kejuaraan balap elektrik dunia musim ke delapan tahun 2022.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.