Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Honda Civic Estilo, Harga Bekasnya Setara Avanza Baru

Kompas.com - 20/02/2022, 14:01 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara tentang mobil hatchback jadul yang pernah beredar di pasar otomotif Tanah Air medio 1990-an, tentu banyak dari pecinta otomotif yang akan langsung memikirkan Honda Civic Estilo.

Honda Civic Estilo merupakan versi hatchback 3 pintu dari model sedan Civic Genio. Civic Estilo dipasarkan PT Honda Prospect Motor (HPM) pada kurun waktu 1992-1995 sebagai penerus dari Civic Nouva yang sudah berstatus discontinued.

Tidak banyak beredar di bursa mobil bekas, keberadaan Civic Estilo bisa dikatakan cukup langka dibandingkan mobil-mobil hatchback lainnya keluaran periode tahun yang sama, terlebih jika ingin mencari unit dengan kondisi yang masih orisinil.

Baca juga: Bocor, Hyundai Ioniq 5 Sudah Ada di Pabrik Hyundai Cikarang

Salah satu Honda Civic Estilo yang masih terawat dan menjadi kebanggaan pemiliknya.ladyonwheels-alwafi auzan Salah satu Honda Civic Estilo yang masih terawat dan menjadi kebanggaan pemiliknya.

Maka dari itu, banderol Civic Estilo bekas semakin melambung tinggi usai lebih dari 2 dekade disetop penjualannya. Dari pantauan di sejumlah bursa mobil bekas, Minggu (20/2/2022), hatchback ini dijual pada kisaran harga Rp 200 jutaan sampai Rp 300 jutaan.

"Civic Estilo kan termasuk mobil hobi, untuk harga memang tidak ada patokan. Tergantung kondisinya masih bagus atau tidak, masih banyak komponen yang perlu diganti atau tidak, orisinalitasnya bagaimana, itu mempengaruhi harga," kata Joni Gunawan, pemilik Joni Lapak Mobil, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Terpisah, Arman, salah satu penjual Honda Civic Estilo di bilangan Penjaringan, Jakarta Utara menuturkan bahwa populasi hatchback tersebut memang tidak banyak, terlebih jika mencari unit yang siap pakai dengan kelengkapan suku cadang yang masih orisinil tentu lebih sulit.

Baca juga: Harga Bekas Daihatsu Sirion per Februari 2022

Namun bukan berarti tanpa cela, Civic Estilo memiliki kekurangan bagi sebagian pemiliknya. Salah satunya yakni dapur pacu bawaan yang dinilai kurang bertenaga.

Honda Estilo sudah jarang di pasaran, tapi sekali ada di pasar mobil bekas, harganya tak bisa ditebak.Autobild Indonesia Honda Estilo sudah jarang di pasaran, tapi sekali ada di pasar mobil bekas, harganya tak bisa ditebak.

Sebagai informasi, mobil ini mengusung mesin SOHC 4 silinder 16 katup dengan kubikasi 1.596 cc. Di atas kertas mesin tersebut menghasilkan tenaga hingga 165 tk, dengan torsi puncak 143 Nm di putaan 5.500 RPM.

Arman menuturkan bahwa Civic Estilo dalam kondisi orisinil memiliki mesin dengan keluaran tenaga yang kurang optimal. Oleh sebab itu ia melakukan modifikasi pada dapur pacu Civic Estilo miliknya untuk bisa mendapatkan performa yang sesuai dengan keinginan.

Baca juga: Rata-rata Konsumsi BBM All New Honda BR-V Selama Digunakan Harian

"Iya (mesin Civic Estilo) kurang kencang (tenaganya)," ucap Arman kepada Kompas.com, Minggu (20/2/2022).

Sebagai catatan bagi yang ingin berburu Civic Estilo, pastikan unit yang akan dibeli dalam kondisi baik secara keseluruhan mulai dari mesin, bodi, kaki-kaki, hingga kelistrikan. Jangan sampai mendapatkan Civic Estilo yang bermasalah dengan harga unit siap pakai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com