Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Starlet dan Civic Estilo Makin Digemari, Harga Bekasnya Sampai Ratusan Juta

Kompas.com - 20/02/2022, 13:45 WIB
Arif Nugrahadi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Salah satu kegiatan otomotif yang mulai digandrungi adalah restorasi mobil tua bangka alias motuba.

Tren ini mulai menjamur karena lebih banyak orang menghabiskan waktu di rumah ketimbang ke luar. Selain itu, bagi sebagian orang, memiliki motuba dengan kondisi prima adalah kebanggaan tersendiri.

Bicara hobi otomotif, ada dua motuba di segmen hatchback yang sampai saat ini punya basis penggemar. Adalah Toyota Starlet dan Honda Civic Estilo yang dipasarkan pada era 1990-an di Indonesia.

Baca juga: Modal Rp 5 Juta, Hyundai Ioniq 5 Sudah Bisa Dipesan

Harga seken dua mobil ini di pasar terbilang gelap, pasalnya ada saja indikasi tertentu yang membuat harga mobil ini bisa berubah-ubah sesuai keinginan penjual dan pembeli.

Salah satu Honda Civic Estilo yang masih terawat dan menjadi kebanggaan pemiliknya.ladyonwheels-alwafi auzan Salah satu Honda Civic Estilo yang masih terawat dan menjadi kebanggaan pemiliknya.

"Untuk saat ini Starlet GT dan Civic estilo banyak mulai diminati orang, namun untuk harga pasaran kedua unit tersebut cukup gelap. Karena kalau bicara mobil hobby tidak ada harga yang pasti," kata Bayu yang merupakan salah satu staff di Mobil88 kepada Kompas.com, Minggu (20/2/2022).

Baca juga: Pasokkan Alphard Terus Berkurang, Ini Penjelasan Toyota Indonesia

Meskipun terbilang memiliki harga pasar yang tidak bisa diprediksi, Bayu mengatakan rentang harga Starlet dan Estilo yang dijual di pasar motuba tergolong sangat luas, mulai Rp 50 jutaan, Rp 80 jutaan, bahkan sampai ada yang tembus ratusan juta rupiah.

"Contoh unit Starlet GT 1994, range harga jual masih di 50 - 75 juta, tergantung banyak faktor (yang mempengaruhi harga)," kata dia.

"Faktor yang memepengaruhi antara lain, orisinalitas interior, orisinalitas cat, sama modifikasi mesin," imbuhnya.

Honda Civic Estilo masih menggoda, tapi tetap ada titik lemahnya.ladyonwheels-alwafi auzan Honda Civic Estilo masih menggoda, tapi tetap ada titik lemahnya.

Dari penelusuran redaksi Kompas.com di pasar mobil bekas online, ada Toyota Starlet pada kisaran harga Rp 25 juta sampai Rp 52 juta untuk tahun produksi 1986-1990.

Baca juga: Bocor, Hyundai Ioniq 5 Sudah Ada di Pabrik Hyundai Cikarang

Sedangkan untuk tahun produksi 1990 ke atas berkisar harga Rp 40 juta sampai Rp 80 juta. Harga Starlet standar yang diklaim belum mengalami ubahan, baik restorasi maupun modifikasi.

Sedangkan untuk Honda Civic Estilo memiliki harga jauh lebih tinggi, berkisar antara Rp 265 juta sampai Rp 365 juta.

Harga ini ditawarkan dengan kondisi beragam, mulai low km, terawat, orisinalitas yang terjaga, sampai ada yang sudah konversi penuh ke model JDM alias Japan Domestic Market.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com