Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Bahasa Desain Retro Modern Yamaha Fazzio Hybrid

Kompas.com - 17/02/2022, 10:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Awal 2022, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menggebrak dengan meluncurkan skutik baru kelas 125cc, yaitu Yamaha Fazzio Hybrid - Connected.

Kompas.com sudah pernah me-review saat peluncuran kemudian juga merassakan performa motor ini di sesi test ride. Kini Kompas.com kencan lebih dalam dengan Fazzio selama beberapa hari.

Baca juga: Agar Kampas Rem Mobil Tak Cepat Aus, Ubah Cara Mengemudi

 

Yamaha Fazzio Hybrid - Connected.
KOMPAS.com/ Adityo Wisnu Yamaha Fazzio Hybrid - Connected.

Ada beberapa poin yang bisa diulas dari tes harian kali ini. Tapi untuk pertama Kompas.com, akan membahas soal desain. Sebab diakui atau tidak desain punya pengaruh kuat dalam sebuah produk.

Desain atau tampilan eksterior merupakan hal yang pertama kali dilihat oleh calon konsumen. Kertertarikan desain merupakan salah satu faktor konsumen mau membeli produk.

 

Yamaha Fazzio Hybrid - Connected.Foto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Yamaha Fazzio Hybrid - Connected.

Bicara Fazzio maka memiliki desain yang simpel dan modern. Konsep dasarnya ialah retro modern. Yamaha menyebut tampilannya mewakili kebutuhan anak muda mengekspresikan diri.

Fazzio sendiri masuk dalam keluarga baru Yamaha yaitu Classy Yamaha. Kategori ini merupakan kategori baru setelah pabrikan asal Jepang itu membentuk keluarga Maxi Yamaha.

 

yaitu Yamaha Fazzio Hybrid - Connected.KOMPAS.com/Adityo Wisnu yaitu Yamaha Fazzio Hybrid - Connected.

Fazzio punya desain yang menggabungkan bentuk membulat dan mengotak secara bersamaan. Konsep keseluruhannya masih terlihat retro tap juga modern sehingga tidak terkesan klasik.

Baca juga: Beberapa Faktor yang Membuat Truk Tidak Kuat Menanjak

Lampu depan berbentuk oval dengan kontur vertikal, kemudian di bawahnya terlihat ada bentuk "dasi" dan sein di kiri-kanan warna kuning yang juga berbentuk oval. 

Bagian tebeng depan ini cukup menjorok keluar sehingga terkesan seperti dada yang membusung.

 

Yamaha Fazzio Hybrid - Connected.
KOMPAS.com/ Adityo Wisnu Yamaha Fazzio Hybrid - Connected.

Sepatbor depan sedikit runcing tapi masih dapat desain retro. Beralih ke belakang bentuknya sedikit mengotak. Sekilas sedikit mengingatkan bentuk Yamaha Qbix yang masuk lewat importir umum.

Kaki-kakinya juga berbeda dengan skutik 125cc Yamaha yang lain. Kaki-kaki Fazzio lebih gemuk karena memakai pelek 12 inci depan-belakang seperti Freego.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com