Bajaj Masuk Jalan Tol, Pengemudi Jangan Malas Baca Rambu Lalu Lintas

Kompas.com - 15/02/2022, 17:21 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video bajaj melintasi tol Jakarta-Tangerang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (14/2/2022).

Dilansir dari akun Instagram @jktinfo tampak seorang petugas kepolisian menghampiri pengendara bajaj yang melintas di jalan tol Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

AKP Soewito Ka Induk PJR Bitung menuturkan pengemudi bajaj menerobos tol lantaran tak mengetahui pintu masuk gerbang tol.

“Dia (pengemudi bajaj) masuk dari arah Tomang, pintu tol Tomang itu kan enggak ada gerbang tol. Dia enggak kelihatan adanya gerbang tol, jadi masuk aja,” kata Soewito, dikutip dari Megapolitan Kompas.com, Selasa (15/2/2022).

Baca juga: Ini Alasan Jangan Istirahat di Bahu Jalan Tol

Sebetulnya, jalan menuju tol sudah memiliki rambu-rambu. Misalnya seperti larangan becak, kendaraan roda dua dan tiga, maupun pejalan kaki. Namun, sampai saat ini pelanggaran akan rambu masih saja terjadi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by JAKARTA INFO (@jktinfo)

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI)Sony Susmana mengatakan, ada dua hal yang harus digarisbawahi pada masalah ini.

“Pertama, kurangnya pengetahuan berlalu lintas bagi pengendara, sehingga bisa nyasar ke jalan tol. Kedua, pengendara tidak mau tahu akan aturan dan rambu-rambu yang ada,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Selasa (15/2/2022).

Menurut Sony, jalan tol yang tidak memiliki gerbang pasti ada petunjuk, utamanya berada di 25 sampai 50 meter sebelum pintu masuk tol.

Untuk mengurangi pengendara yang tersesat lagi, ada baiknya jika mereka lebih melihat dan membaca lagi dengan teliti arah, petunjuk yang ada.

“Kemudian untuk pengelola jalan tol, mungkin bisa ditambahkan rambu yang berada di atas aspal menggunakan warna kuning atau gerbang pintu tol, agar lebih mudah terlihat dan tidak ada alasan nyasar lagi,” kata dia.

Rangkaian kendaraan dinas yang membawa Presiden Joko Widodo dan rombongan tiba dilokasi acara peresmian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS)  seksi I Binjai-Pangkalan Brandan ruas Binjai-Stabat di Langkat, Sumatera Utara, Jumat (4/2/2022). Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Binjai-Stabat sepanjang 11,8 km yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang menghubungkan Provinsi Lampung hingga Provinsi Aceh.SETPRES/AGUS SUPARTO Rangkaian kendaraan dinas yang membawa Presiden Joko Widodo dan rombongan tiba dilokasi acara peresmian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) seksi I Binjai-Pangkalan Brandan ruas Binjai-Stabat di Langkat, Sumatera Utara, Jumat (4/2/2022). Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Binjai-Stabat sepanjang 11,8 km yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang menghubungkan Provinsi Lampung hingga Provinsi Aceh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.