Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Fortuner Kuasai Pasar SUV Ladder Frame 2021

Kompas.com - 17/01/2022, 08:02 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan bermotor jenis sport utility vehicle (SUV) dengan sasis model tangga atau ladder frame chassis merupakan salah satu yang tertua di industri mobil.

Menggunakan kombinasi atas dua balok panjang dan pendek yang berat untuk menopang mobil, kendaraan menjadi gagah sekaligus fungsional. Dalam artian, mobil bisa digunakan ke berbagai jenis medan jalan tanpa mengurangi kenyamanan.

Di pasar otomotif Tanah Air, saat ini ada 3 nama dari Jepang yang mengisi segmen SUV ladder frame, yakni Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, dan Isuzu MU-X.

Baca juga: Tanpa Insentif PPnBM, Daya Beli Otomotif Akan Stagnan di IIMS 2022

Pajero Sport Facelift Dakar Ultimate 4x2KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Pajero Sport Facelift Dakar Ultimate 4x2

Dari data wholesales alias distribusi pabrik ke diler yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) 2021, pasar SUV ladder frame memang tidak begitu besar. Namun bukan berarti persaingannya membosankan.

Pasalnya di semester pertama 2021, Mitsubishi Pajero Sport memimpin peringkat wholesales dengan torehan 8.288 unit penjualan. Fortuner harus mengalah jadi peringkat dua dengan angka 7.787 unit.

Adapun Isuzu MU-X menjadi pemanis di posisi ketiga dalam persaingan pasar SUV ladder frame dengan torehan 60 unit saja.

Baca juga: Gresini Racing Pamer Livery, Disponsori Banyak Perusahaan Indonesia

Isuzu mu-X i Series. mu-X jadi satu-satunya pilihan kendaraan penumpang dari Isuzu. SUV ini menggantikan Panther sebagai model mobil penumpang Isuzu.Kompas.com/Stanly Ravel Isuzu mu-X i Series. mu-X jadi satu-satunya pilihan kendaraan penumpang dari Isuzu. SUV ini menggantikan Panther sebagai model mobil penumpang Isuzu.

Menariknya, hasil akhir wholesales sepanjang 2021 berkata lain. Toyota Fortuner melejit jadi peringkat pertama dengan peningkatan angka penjualan yang ekstrem, yakni mencapai 24.177 unit. Bahkan Fortuner masuk dalam 10 mobil terlaris 2021

Mitsubishi Pajero Sport pun harus puas dengan capaian wholesales sepanjang tahun kemarin di angka 16.996 unit. Sementara itu, Isuzu MU-X tidak mengalami peningkatan signifikan karena hanya bisa menjual 61 unit.

Berikut capaian wholesales segmen mobil SUV ladder frame di tahun 2021.

  • Toyota Fortuner: 24.177 unit
  • Mitsubishi Pajero Sport: 16.996 unit
  • Isuzu MU-X: 61 unit
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com