Salin Artikel

Toyota Fortuner Kuasai Pasar SUV Ladder Frame Januari 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan bermotor jenis sport utility vehicle (SUV) dengan sasis model tangga atau ladder frame merupakan salah satu yang tertua di industri otomotif.

Sasis ladder frame memanfaatkan kombinasi atas dua balok panjang dan pendek yang berat untuk menopang mobil. Berkat sasis tersebut, kendaraan jadi bisa digunakan ke berbagai jenis medan jalan tanpa mengurangi kenyamanan.

Saat ini di pasar otomotif Tanah Air, ada 3 nama dari Jepang yang mengisi segmen SUV ladder frame, yakni Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Spot, dan Isuzu MU-X.

Dilansir dari data wholesales alias distribusi pabrik ke diler yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk Januari 2022, nampak Toyota Fortuner berhasil menduduki peringkat pertama dengan penjualan sebanyak 2.492 unit.

Fortuner memang tengah naik daun di awal 2022 berkat peluncuran varian terbarunya yang bermesin diesel 1GD 2.800 cc pada pertengahan Januari kemarin. Khusus varian barunya, Fortuner mencatatkan penjualan sebanyak 902 unit di bulan tersebut.

Di peringkat kedua wholesales SUV ladder frame, ada Mitsubishi Pajero Sport dengan catatan penjualan 2.151 unit. Sementara Isuzu MU-X menjadi pemanis di posisi ketiga dengan penjualan 1 unit mobil saja sepanjang Januari 2022.

Perkara banderol, harga yang ditawarkan oleh ketiga model tersebut bisa dikatakan berada dalam satu rentang yang serupa.

Toyota Fortuner saat ini dipasang pada harga mulai Rp 520 jutaan hingga Rp 680 jutaan. Lalu Isuzu MU-X yang hanya tersedia dalam satu varian penggerak 4x4 dijual dengan banderol Rp 550 jutaan. Mitsubishi Pajero Sport sendiri bermain di harga Rp 520 jutaan sampai Rp 700 jutaan.

Berikut capaian wholesales segmen mobil SUV ladder frame untuk bulan Januari 2022.

  1. Toyota Fortuner: 2.492 unit
  2. Mitsubishi Pajero Sport: 2.151 unit
  3. Isuzu MU-X: 1 unit

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/15/161200315/toyota-fortuner-kuasai-pasar-suv-ladder-frame-januari-2022

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.