Buat yang Belum Tahu, Ini Alasan Mobil Sedan Jarang Punya Wiper Belakang

Kompas.com - 14/02/2022, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wiper merupakan salah satu komponen bawaan wajib dari setiap mobil. Komponen ini berfungsi sebagai pembersih otomatis kaca yang akan memudahkan kita saat berkendara, khususnya dalam kondisi jalan hujan maupun berkabut.

Selain wiper di kaca depan, beberapa mobil juga memiliki wiper di bagina kaca belakang. Sama seperti wiper depan, penyeka kaca yang ada di belakang berguna untuk menyapu air ketika hujan.

Baca juga: Quartararo Sebut Sirkuit Mandalika Seperti Lintasan Motorcross

Ketika kaca belakang kotor, tentu pandangan pengemudi akan kondisi jalan di belakangnya jadi tidak terlihat. Namun, ternyata tidak semua kendaraan memiliki wiper untuk membersihkan kaca belakang, salah satunya model sedan.

Dealer Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, wiper untuk kaca belakang biasa ditemui di mobil jenis hatchback, SUV, maupun MPV. Hal ini dikarenakan bentuk dari bodi bagian belakangnya.

Salah satu mobil yang sudah dilengkapi defogger namun masih memiliki wiper di kaca belakang.Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu mobil yang sudah dilengkapi defogger namun masih memiliki wiper di kaca belakang.

“Hal ini dikarenakan turbulensi kotoran dari ban bisa mengotori kaca, oleh karena itu, perlu ditambah wiper belakang,” ucap Didi kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Dipakai Marc Marquez, AHM Belum Tertarik Jual Vario 160 Repsol Honda

Sedangkan mobil sedan memiliki bagian bagasi di belakang yang cukup panjang. Kemudian kaca belakang juga relatif landai dan letaknya jauh dari ban belakang, sehingga turbulensi maupun cipratan air dari ban belakang tidak akan sampai ke kaca.

Memang beberapa model sedan ada yang menggunakan wiper di kaca belakangnya, namun tidak sebanyak SUV atau model lain yang bagian belakangnya rata. Oleh karena itu, wiper di kaca belakang mobil sedan tidak begitu diperlukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.