Buat Orangtua, Pahami Bahaya Tinggalkan Anak Kecil Sendirian di Mobil

Kompas.com - 14/02/2022, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih banyak orangtua yang bersikap ceroboh dan meninggalkan anak kecil sendirian di dalam mobil. Meskipun dengan alasan "cuma sebentar", hal tersebut bisa menimbulkan bahaya bagi anak tersebut.

Apalagi, jika kunci mobil ditinggal di dalam bersama si anak. Bisa saja si anak belum bisa memahami kata-kata orang lain atau tidak memahami yang mana penguncinya.

Baca juga: Quartararo Sebut Sirkuit Mandalika Seperti Lintasan Motorcross

Sehingga, ketika orang lain memintanya untuk membuka kunci pintu mobil, malah dihiraukan.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center, mengatakan, pada dasarnya umur berapa pun anak kecil tersebut, jangan sampai ditinggal di dalam mobil. Dampak dari tindakan tersebut sangat fatal, karena dapat berakibat kematian.

Ilustrasi saat mobil terkunci dari dalam.wonderhowto.com Ilustrasi saat mobil terkunci dari dalam.

"Berbahaya bila terlalu lama di dalam mobil, bisa pingsan dan mati lemas karena keracunan gas buang kendaraan yang masuk ke dalam kabin kendaraan," ujar Marcell, saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Marcell menjelaskan, jika terjadi kebocoran karbon dioksida atau suhu panas di kabin mobil mengalami kenaikan maka akan berakibat fatal kepada anak yang terkunci di dalam mobil.

Baca juga: Dipakai Marc Marquez, AHM Belum Tertarik Jual Vario 160 Repsol Honda

Dalam kondisi tersebut, anak akan mengalami dehidrasi bahkan kehabisan oksigen untuk bernafas. Jika hal tersebut dibiarkan dalam waktu yang lama, bisa saja anak meninggal dunia.

“Bisa saja (kekurangan oksigen), karena bila mobil diparkir tanpa menyalakan mesin dan AC, suhu kabin bisa naik signifikan yang dapat menyebabkan kepanasan dan dehidrasi,” kata Marcell.

Ilustrasi penumpang anakThinkstockphotos Ilustrasi penumpang anak

Apalagi jika mobil diparkirkan di bawah sinar matahari langsung, suhu di dalam mobil akan lebih cepat meningkat dan berisiko menimbulkan heat stroke pada anak.

Heat stroke adalah kondisi yang patut diwaspadai. Kondisi ini bisa membuat anak pusing, kejang-kejang, stroke, hingga kematian. Bahkan, meski sudah membuat celah dengan membuka jendela, heat stroke masih berisiko terjadi.

Baca juga: Begini Cara Membersihkan Debu di Trek Sirkuit Mandalika

Selain itu, bahaya meinggalkan anak di mobil yakni membuat mobil berjalan secara tidak sengaja. Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan di mobil ada banyak benda yang memicu rasa ingin tahu mereka, seperti pedal gas, rem tangan, dan lain-lain.

Jika anak memainkan benda tersebut, bukan tidak mungkin mobil Mama dapat berjalan sendiri dan menabrak sesuatu atau menyebabkan beberapa hal bahaya lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.