Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Quartararo Sebut Sirkuit Mandalika Seperti Lintasan Motorcross

Kompas.com - 13/02/2022, 07:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pebalap MotoGP saat ini sedang melakukan tes pramusim MotoGP Mandalika di NTB, Lombok. Tak terkecuali peraih gelar juara dunia musim 2021 yakni Fabio Quartararo.

Setelah menjajal Pertamina Mandalika International Street Circuit, pebalap yang mendapat julukan El Diablo itupun memberikan kesannya.

Dilansir dari laman Yamaha Racing, Minggu (13/1/2022), Fabio menyebut, kondisi Sirkuit Mandalika seperti lintasan motorcross. Hal ini akibat kondisi Sirkuit yang menjadi kotor usai diguyur hujan.

Baca juga: Hasil Tes MotoGP Mandalika Pukul 12.00 WITA, Brad Binder Tercepat

“Sejujurnya, saya sangat senang karena pagi ini sangat sulit. Kondisinya seperti lintasan motorcross,” ucap Quartararo dikutip dari Yamaha Racing, Minggu (13/2/2022).

Fabio juga membandingkan kondisi Sirkuit Mandalika dengan Qatar dan Thailand. Menurutnya, Sirkuit Mandalika memiliki tikungan yang cukup bagus.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Fabio Quartararo (@fabioquartararo20)

“Saya pikir sirkuit ini seperti Qatar dan Thailand, serta Argentina, di mana saya mengalami pengereman yang cukup berat. Saya rasa tikungan di Mandalika bagus,” ucapnya.

Fabio pun menegaskan bahwa dirinya mengganggap semua sirkuit adalah sama, begitu pun Sirkuit Mandalika. Menurutnya, tidak ada lintasan yang bisa memberikan keunggulan bagi Yamaha.

“Saya tidak menganggap trek apa pun sebagai 'trek Yamaha', karena menurut saya itu salah. Saya melihat ini sebagai sirkuit normal, dan saya akan memberikan yang terbaik. Ini adalah mentalitas terbaik,” ucapnya.

Baca juga: Pengemudi Sulit Menghindar jika Kendaraan Ditabrak dari Belakang

Seperti diketahui, tes pramusim hari pertama ditutup oleh Pol Espargaro yang berhasil menjadi rider tercepat dengan catatan waktu 1 menit 32.466 detik.

Sementara Fabio Quartararo menempai posisi kelima dengan raihan waktu 1 menit 33.108 detik.

Adapun tes pramusim hari kedua ditutup oleh Adik Valentino Rossi, Luca Marini, yang berhasil meraih waktu tercepat yakni 1 menit 31.289 detik.

Sedangkan Fabio Quartararo berada di posisi keempat dengan catatan waktu 1 menit 31,564 detik.

Pembersihan permukaan lintasan Sirkuit Mandalika sudah dilakukanDok. MGPA Pembersihan permukaan lintasan Sirkuit Mandalika sudah dilakukan

Dibersihkan

Sementara itu, Direktur MGPA Andhi Satri, Race Director Mike Webb, dan Chief Sporting Officer Dorna Sports Carlos Ezpeleta, mengaku cukup puas dengan kondisi lintasan setelah dibersihkan.

Lintasan juga diminta kembali dibersihkan pada pagi hari, sehingga diharapkan kecepatan para pembalap pada sesi tes pra-musim hari kedua dan ketiga dapat meningkat.

Mike Webb menyarankan agar MGPA melakukan pembersihan rutin setiap dua minggu menggunakan Track Jet Truck dan kendaraan Track Sweeping. Selain itu, perlu juga rutin memasukkan kendaraan, seperti mobil atau motor, ke dalam lintasan.

"Keberadaan kendaraan roda empat atau roda dua dalam lintasan akan membuat racing line menjadi lebih bersih. Dikarenakan saat kendaraan lewat, aerodinamika kendaraan akan menyedot debu dari dalam pori-pori lintasan, sehingga mengurangi deposit debu di dalam pori-pori," ujar Mike, dalam keterangan resmi MGPA, Sabtu (12/2/2022).

Kendaraan pembersih trek, Track Jet Truck, memiliki penyemprot air bertekanan tinggi dan dilengkapi rotating brush untuk membersihkan permukaan sirkuit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com